MEULABOHUTU | Prestasi gemilang kembali diraih oleh dua mahasiswa Universitas Teuku Umar di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII tahun 2023. Kedua mahasiswa atas nama Lilis Sartika dan Cut Annisa Fitriati dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tersebut berhasil menyabet juara III pada Lomba Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran dalam bahasa Inggris yang diumumkan pada Kamis (09/11/2023) malam.

Kompetisi ini digelar di Ruang Bouquet Room, Lantai 1, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UB pada Rabu (8/11/2023). Tim UTU harus bersaing ketat dengan tim-tim unggulan lainnya, termasuk Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Udayana.

Kedua mahasiswi berprestasi Universitas Teuku Umar ini telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam kompetisi ini. Sebelum mengikuti lomba, tim UTU telah menjalani proses persiapan yang matang, termasuk dikarantina dan mendapatkan pembinaan sejak akhir bulan Juli. Mereka mempelajari paket soal dan peluang mosi debat dan memperkuat kekompakan tim dengan memberikan dukungan satu sama lain.

Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memajukan bakat-bakat mahasiswa khususnya dalam bidang Tilawah Qur’an. MTQ Mahasiswa Nasional 2023, dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang pada 3 – 10 November 2023.

Ajang yang mengangkat tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Qurani dalam Mencetak Talenta Emas Indonesia” diikuti oleh 2.653 peserta dari 213 perguruan tinggi di Indonesia.

Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran dalam bahasa Inggris merupakan salah satu dari 11 cabang lomba dalam (MTQ) Mahasiswa Nasional ini. Lomba Debat dilaksanakan dalam empat babak yakni Babak Penyisihan selama dua hari pada tanggal 5-6 November 2023.

Dilanjutkan dengan babak Quarter Final dan Semi Final pada tanggal 7 November 2023, dan Final pada tanggal 8 November 2023.

Lilis Sartika, salah satu anggota tim, mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang tua, para pembina, dan Universitas Teuku Umar atas dukungan yang selalu diberikan selama proses persiapan dan kompetisi. Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras dan do’a bersama.

Pada kesempatan tersebut dewan hakim memberikan pesan penting, yaitu agar yang menang tidak merasa takabur, dan yang kalah tidak merasa rendah diri. Semangat persaudaraan dan sportivitas harus tetap dijaga dalam kompetisi ini.

Ketika ditanyai tentang kiat-kiat yang mereka lakukan untuk dapat memenangkan lomba, Cut Annisa, rekan tim lainnya menekankan pada ketekunan dan usaha pada setiap prosesnya. “kami yakin bahwa dimana ada kemauan disitu ada jalan, dan selalu berupaya untuk usahakan yang terbaik dalam segala sesuatu”, imbuh mahasiswa yang telah mengumpulkan beragam prestasi.

Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si melalui Humas mengucapkan selamat kepada kafilah UTU yang telah memberikan hasil terbaiknya, terkhusus Lilis Sartika dan Cut Annisa Fitriati. Mudah-mudahan selama mengikuti MTQMN XVII menjadikan pengalaman terbaik untuk di masa mendatang.

“Kita berharap pretasi ini terus ditingkatkan, kami terus berkomitmen untuk mendorong mahasiswa untuk berpretasi dan memiliki daya juang dalam menghadapi berbagai kompetisi, sehingga melahirkan lulusan yang unggul dan berdaya saing,” pungkas Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor III UTUU, H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc yang mendampingi langsung para mahasiswa bersama dewan pelatih dan official UTU,  menjelaskan, MTQMN merupakan ajang yang sangat bergengsi karena diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Artinya persaingan untuk meraih prestasi sangat ketat karena setiap peserta berusaha maksimal untuk meraih yang terbaik.

Prestasi membanggakan yang diraih para mahasiswa kita di ajang MTQMN 2023 adalah bukti komitmen kampus dalam pembinaan di bidang kemahasiswaan yang tidak hanya berfokus pada aspek akademis. UTU juga memberi ruang dan kesempatan luas kepada para mahasiswa untuk memgembangkan bakat di bidang keterampilan dan seni membaca dan memahami kandungan Al Qur’an.

Dukungan universitas kepada setiap mahasiswa untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki tak sebatas memberi kesempatan untuk berkompetisi, tapi juga menyediakan sarana dan prasarana untuk berlatih. “kedepan terus kita persiapkan pembinaan mahasiswa dalam semua segi baik itu bidang olah raga, seni, agama maupun lainnya,” katanya.

Keberhasilan ini menjadi bukti prestasi gemilang dari Kafilah Universitas Teuku Umar dalam ajang MTQMN 2023. Selamat kepada tim dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini. “Semoga keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Ibrahim yang turut didampingi Ismu Ridha, M.A., P.hD, Abu Hassan Makmun, M.M dan Anna Jakfar, S.Pd., M.Ed selaku dewan pelatih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).