MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang setiap tahunnya mendapatkan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiwa (PKM). Terdapat 8 bidang pendanaan PKM salah satunya bidang Program Kreativitas Mahasiwa–Penerapan IPTEK (PKM-PI).

Tahun ini Prodi Akuakultur UTU mendapatkan pendanaan PKM-PI dengan judul “Edukasi dan bimbingan teknis teknologi akuaponik sistem rakit apung guna meningkatkan produktivitas budidaya ikan UD. Sonia Ratu Lele”.

Tim PKM-PI dari Prodi Akuakultur ini beranggotakan 4 mahasiswa dan 1 orang pembimbing PKM-PI. Tim PKM-PI ini yaitu Rafi Zahtul (Ketua), Irna Martisa (Anggota), Fenika Ayuni (Anggota) dan Mohammad Arib Zain (Anggota) serta pembimbing Fazril Saputra, S.Kel., M.Si

PKM-PI ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan bimtek kepada mitra usaha budidaya ikan mengenai penggunaan dan manfaat sistem budidaya akuaponik rakit apung guna meningkatkan produksi budidaya ikan air tawar dan hasil sampingan dari sistem budidaya ikan yaitu tanaman kangkung. Mitra yang terpilih pada kegiatan ini adalah UD. Sonia Ratu Lele yang berlokasi di Desa Gunong Kleng, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Darat.

Nurhayati selaku pemilik usaha budidaya ikan UD. Sonia Ratu Lele menyambut baik program pendampingan yang ditawarkan oleh mahasiswa UTU. “Dilakukan kegiatan PKM-PI ini mengenai akuaponik sistem rakit apung, kami selaku mitra mendapatkan pengetahuan baru yang dapat meningkatkan produksi usaha budidaya ikan kami serta menghasilkan produk tambahan berupa sayur-sayuran” kata Nurhayati

Sementara ketua Tim PKM PI, Rafi menyebutkan sistem akuaponik rakit apung bertujuan untuk meremediasi air limbah dari wadah terpal ikan, sekaligus memanfaatkan kandungan senyawa organik yang terdapat di dalamnya untuk menumbuhkan tanaman air seperti kangkung yang dapat dikonsumsi masyarakat.

“Teknologi akuaponik merupakan metode budidaya gabungan antara akuakultur dan hidroponik dalam satu wadah,” ujar Rafi

Sistem Akuaponik rakit apung ini juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pembudidaya ikan di Desa Gunong Kleng. Pengabdian ini telah dimulai Bulan Juli hingga Oktober 2023. Harapannya masyarakat dapat menggunakan sistem akuaponik rakit apung untuk produksi ikan dan sayuran secara berkelanjutan. (Humas UTU).