MEULABOHUTU | Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar menggelar webinar nasional dalam rangka menyongsong persiapan akreditasi Magister Ilmu Pertanian  pada hari Selasa, 28 November 2023. Webinar strategis ini menandai langkah awal FP UTU dalam memastikan program studi S2 Magister Ilmu Pertanian mendapatkan akreditasi yang diakui secara nasional.

Dalam pertemuan yang dihadiri dan dibuka oleh Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si ini membahas sejumlah persoalan yang berfokus pada pengorganisasian tim untuk mengkoordinasikan persiapan akreditasi. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas persiapan, tim-tim khusus ditugaskan untuk mengurus berbagai aspek penting dalam akreditasi.

Webinar tersebut menghadirkan dua pemateri utama yaitu Prof. Sahabuddin, M.Si dari Universitas Tadulako dengan materi kiat pencapaian akreditasi MIP dan Prof. Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si dari Universitas Warmadewa dengan materi Peran Asosiasi Magister Ilmu Pertanian didalam penyiapan borang akreditasi.

Rektor Prof Ishak Hasan dalam sambutannya memberikan semangat kepada program Magister Ilmu Pertanian khususnya kepada tim yang terlibat dalam penyusunan borang akreditasi. “Tingkatkan kolaborasi dengan baik dan bekerja keras untuk memastikan bahwa program studi MIP  mencapai standar akademik tertinggi.” kata Rektor

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Rusdi Faizin, MA. Dengan semangat kerjasama yang tinggi, FP UTU siap menghadapi tantangan akreditasi dengan keyakinan bahwa hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi FP UTU di bidang pertanian.

Koordinator Prodi Magister Ilmu Pertanian, Dr. Rahmat Pramulya, S.TP., MM bersama dengan staf pendukung dan dosen, juga turut berpartisipasi dalam rapat ini. Mereka membahas penyelesaian data dan berkas yang masih belum lengkap guna memenuhi penilaian diri yang diperlukan untuk akreditasi.

“Keseluruhan tim akan berupaya keras untuk melengkapi dokumen-dokumen ini agar dapat memberikan penilaian diri yang kuat kepada lembaga akreditasi yang berwenang,” kata Dr. Rahmat

Tak hanya itu, rapat ini juga bertujuan untuk memastikan koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dalam proses akreditasi. MIP UTU sangat berkomitmen untuk memenuhi semua persyaratan akreditasi yang ditetapkan dan menghadapi proses ini dengan integritas serta tekad untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Pertanian.

Sementara itu Dr. Dewi Fithria, MP selaku ketua panitia dalam laporannya menyebutkan kegiatan webinar ini dilakukan untuk memperdalam pengetahuan tentang akreditasi di tingkat Program Magister.

Oleh karena Program Magister Ilmu Pertanian UTU masih sangat belia umurnya, maka kita mengundang dua ilmuan yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang lebih dalam hal akrditasi ditingkat Program Magister.

Keduanya yaitu Prof. Shahabuddin selaku Koordinator Prodi Magister Ilmu Pertanian Universitas Tadulako Periode 2019 – 2023, dan Prof Yohanes Parlindungan Koordinator Prodi Magister Sains Pertanian Universitas Warmadewa, Denpasar Periode 2020-2024. (Humas UTU).