MEULABOH, UTU – Hingga April 2023, luaran publikasi pada jurnal hasil penelitian dan pengabdian hibah internal Universitas Teuku Umar (UTU) dinilai mengalami kemajuan. Kepada dosen yang melakukan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggunakan dana hibah internal UTU tahun 2022, hasilnya wajib di publis pada jurnal Terindeks Scopus, Jurnal Internasional dan minimal Jurnal Terindeks Sinta-4. “Publikasi di Jurnal harus sesuai dengan yang dijanjikan pada saat mengajukan proposal hibah”, ungkap Herdi Susanto.

Hingga April 2023 ini, sekitar 40 persen hasil penelitian dan pengabdian hibah internal UTU tahun 2022, sudah ada luaran publikasi pada jurnal. “Ini termasuk ada kemajuan, karena batas waktu Submit Desember 2022. Dalam tahun 2023 ini, semua dosen peneliti dan pengabdi yang menggunakan dana hibah internal PNBP UTU tahun anggaran 2022, sudah harus ada luarannya. Jika belum ada luaran, akan diberikan sanksi”, ujar Sekretaris LPPM-PM UTU, Herdi Susanto, ST.,MT.

LPPM-PM Universitas Teuku Umar (UTU) telah melaksanakan seminar akhir penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) hibah internal UTU tahun 2022. Seminar akhir dilaksanakan secara offline di Aula Gedung Terintegrasi UTU, Senin, 10 April 2023.

Herdi Susanto, ST.,MT menjelaskan, seminar akhir hibah internal yang berlangsung tiga hari, Senin-Rabu (10-12 April 2023) diikuti oleh para dosen peneliti dan pengabdi UTU. Sebagai narasumber/reviewer adalah Prof. Dr. Badaruddin, M.Si (Bidang Sosial dan Humaniora), dan Prof. Dr. Eng. Ir. Irvan, M. Si (Bidang Eksakta). Kedua reviewer tersebut adalah Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU).

Dijelaskan, skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diseminarkan adalah Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, Guru Besar, Penelitian Penugasan, Pengabdian Penugasan, dan Pengabdian Berbasis Riset.

Jumlah peserta seminar, baik penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat mencapi 94 orang, yang terdiri dari Asisten Ahli 27 orang, Lektor sebanyak 13 orang, Lektor Kepala sebanyak 11 orang, Guru Besar 3 orang, Pengabdian Berbasis Riset 11 orang, Penelitian Penugasan 26 orang, Pengabdian Penugasan sebanyak 3 orang.

Peneliti dan pengabdi menyampaikan laporan hasil akhir secara langsung di depan reviewer. Selain menyampaikan laporan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peneliti dan penbadi juga diminta membuat poster dan stand banner hasil penelitain dan pengabdia kepada LPPM dalam ukuran 60 cm x 160 cm, sebanyak satu rangkap. (***)