MEULABOH – UTU | Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si pada Kamis (06/04/2022), menerima kunjungan Tim Visitasi dan Evaluasi Lapangan usulan rekomendasi pembukaan Program Studi Baru dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh.

Masing-masing Program Studi S1 Bisnis Digital pada Fakultas Ekonomi, Prodi S1 K3 pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi S1 Peternakan dan Prodi S2 Magister Ilmu Pertanian pada Fakultas Pertanian serta Prodi S2 Magister Ilmu Perikanan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Visitasi dan Evaluasi Lapangan usulan rekomendasi pembukaan Program Studi baru ini dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Lt I Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Alue Penyareng. Adapun tim Visitasi dan Evaluasi diketuai oleh Dr. Ir. Rizal Munadi, MM., MT dengan anggota Muhammad Nur, S.Pd., M.Pd, Ihsan, S.Th dan Ahmad Junaidy.

Dalam rangkaian visitasi, pemaparan usulan pembukaan dilakukan oleh Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si kepada Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Dr. Ir. Rizal Munadi, MM., MT. Dalam pemaparannya, Rektor memberikan gambaran latar belakang keinginan membuka program studi baru baik program sarjana maupun program Magister.

Dr. Ishak Hasan menyampaikan UTU mempunyai keinginan untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Atas permintaan pemerintah daerah, stakeholder dan calon mahasiswa di wilayah pantai Barat Selatan Aceh, maka inilah yang mendasari kami mengusulkan prodi-prodi baru ini. 

Rektor yang turut didampingi Wakil Rektor I UTU Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc juga menyampaikan terimakasih kepada Tim Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII Aceh yang dengan cepat merespon permohonan pihaknya untuk visitasi guna mengeluarkan rekomendasi pembukaan kelima program studi baru yang diusulkan.

UTU telah mengunggah seluruh dokumen yang dibutuhkan pada aplikasi SIAGA, sehingga tahapan selanjutnya adalah memperoleh rekomendasi pembukaan prodi dari LLDIKTI,” kata Dr. Ishak Hasan

Sebagai gambaran, Universitas Teuku Umar hingga saat ini memiliki luas lahan sekitar 90 hektare di kawasan Alue Penyareng. Lahan tersebut dimanfaatkan bagi keperluan universitas. “Ke depan, UTU akan mengusulkan kembali dengan program studi baru lainnya, khususnya program S2,” ujar Dr. Ishak Hasan.

Sementara itu, Dr. Rizal Munadi dalam kesempatannya menyampaikan hal yang akan dijadikan rekomendasi terdiri dari aspek kecukupan dan linieritas SDM dosen dan tenaga kependidikan, aspek hukum dan kelembagaan, aspek sapras dan aspek kurikulum berkaitan dengan keunggulan dan keunikan program studi yang akan dibuka.

Turut hadir dalam kegiatan visitasi dan evaluasi lapangan tersebut adalah para Dekan, Wakil Dekan, Ketua LPPM-PMP, tim penyusunan proposal pembukaan program studi baru dan stakeholder terkait lainnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).