MEULABOHUTU | Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni  Universitas Teuku Umar (UTU) H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc
mengapresiasi mahasiswa UTU yang memiliki kepedulian sosial tinggi dengan terjun langsung ke berbagai daerah terkena bencana yang selama ini melanda khususnya di Wilayah Barat Selatan Aceh. Ia berharap kepedulian tersebut bisa terus tumbuh sebagai modal mereka berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ibrahim saat melantik pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Penanggulangan Kebencanaan Universitas Teuku Umar (UKM-PK UTU) periode 2024-2025 dalam sebuah acara resmi. Acara tersebut digelar di Aula Cut Mutia Kampus UTU, Jum’at (31/5/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pembina UKM-PK Roni Arif Munandar S.Kel, Irsadi Aristora., M.H dan juga turut mengundang mitra BPBD Aceh Barat, Tagana Aceh Barat, Rapi Aceh Barat, Ketua UKM lingkup UTU serta tamu undangan lainnya.

Lanjut Ibrahim, UKM PK diharapkan menjadi leader bagi organisasi mahasiswa lain dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanganan bencana alam, donor darah, dan kegiatan social lainnya.
“Aspek kemanusiaan menjadi titik tekan bagaimana rekan-rekan UKM PK UTU ini bisa ditumbuhkembangkan agar memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Warek III juga berharap dengan dilantiknya kepengurusan baru yang terdiri dari mahasiswa yang berdedikasi dan berkomitmen, UKM-PK dapat menjadi garda terdepan dalam mempersiapkan mahasiswa dan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana. “Diharapkan dengan dilakukannya pelantikan ini, UKM-PK dapat lebih tanggap bencana, tentunya dengan persiapan yang matang seperti peningkatan kapasitas personil secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Sementara Pembina UKM PK Rony Arif Munandar mengatakan bahwa UKM-PK berkolaborasi dengan mitra dalam membantu korban bencana serta melakukan pendidikan lanjutan guna mendalami materi yang telah diberikan pada saat pendidikan dasar.

“kami mengucapkan terimakasih kepada mitra aktif UKM PK selama ini seperti BPBD, Tagana, RAPI dan lain-lain. Semoga kerjasama ini dapat terus kita lanjutkan,” harapnya

Rony juga berharap, dalam melakukan kegiatan UKM PK harus mendapat dukungan dari dalam maupun luar. “Kami sangat mengharapkan peran serta pengurus didalam melaksanakan program kerja dan berkomitmen untuk lebih aktif dengan dukungan internal pengurus dan eksternal dari Universitas Teuku Umar untuk membangun jejaring yang lebih luas,” tuturnya.

Pengurus UKM-PK UTU yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai latar belakang studi diharapkan mampu berkomitmen dan mengorganisir pelatihan dan simulasi kesadaran bencana guna meningkatkan kesiapsiagaan mahasiswa dan masyarakat dalam menghadapi potensi resiko bencana. (Humas UTU).