MEULABOHUTU | Pada Jum’at, 18 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di ruang rapat senat Universitas Teuku Umar, lantai I Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Program Studi Magister Ilmu Pertanian Universitas Teuku Umar mengadakan kuliah perdana.

Kuliah Perdana ini dihadiri oleh 11 Mahasiswa Baru angkatan perdana tahun 2023. Sebelum kuliah perdana dimulai, dilaksanakan penjelasan mengenai layanan sistem informasi, Administrasi dan berbagai layanan lainnya yang ada di Universitas Teuku Umar.

Topik yang dibicarakan dalam kuliah perdana ini “Pendidikan Magister Pertanian Memperkuat Visi dan Misi Universitas Teuku Umar, Sumber Inspirasi dan Referensi Pembangunan Kawasan Agroe and Marine Industri berkelanjutan” dengan pembicara utama Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc.

Beliau merupakan Dosen Senior bidang Bioteknologi Peternakan  Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh yang saat ini diperbantukan sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Teuku Umar.

Dalam paparannya, Dr. M. Aman Yaman juga mengangkat materi tentang Integrated Agricultural System sebagai usaha pertanian terpadu dengan Perikanan, Peternakan, Perkebunan dan Ecotourism. “Semoga kuliah perdana ini dapat membuka cakrawala berpikir bagi anda semua dalam mengawali perkuliahan di program Magister Ilmu Pertanian,” ujarnya.

Kuliah Perdana itu dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian UTU Ir. Rusydi Faizin, M.Si dan dipandu langsung oleh Koordinator Program Studi Magister Ilmu Pertanian, Dr. Rahmat Pramulya, S.TP., M.M. Secara umum, dari awal hingga akhir kegiatan itu berjalan tertib dan lancar dan disambut antusias para mahasiswa baru MIP.

Ir. Rusydi Fauzin dalam sambutannya mengatakan, kuliah perdana  ini dilaksanakan dalam rangka membuka cakrawala berpikir sekaligus bagian dari matrikulasi mengawali perkuliahan bagi mahasiswa baru S2 Magister Ilmu Pertanian.

“Selanjutnya mahasiswa baru ini mulai mengikuti perkuliahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Ir. Rusydi Faizin menjelaskan Program Studi Magister Ilmu Pertanian adalah program perkenalan pertama yang lahir di Universitas Teuku Umar bersamaan dengan Prodi Magister Ilmu Perikanan.

Program studi ini berdiri sejak diterbitkan SK Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 4045/E1/HK.03.00/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Pertanian Program Magister pada Universitas Teuku Umar di Kabupaten Aceh Barat.

Program studi ini fokus pada studi ilmiah tentang pertanian. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip ilmiah, manajemen, dan keberlanjutan dalam bidang pertanian.

“Pengembangan prodi ini nantinya berfokus pada pengkajian dan pengembangan teknologi produksi tanaman, proteksi tanaman serta bioteknologi dan konservasi tanaman guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya

Semoga dengan dibuka program Magister Ilmu Pertanian ini bisa memperluas koneksi UTU sehingga Visi UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dalam bidang Agro and Marine Industri dapat segera terwujud.

Lanjutnya, keunggulan S2 Ilmu Pertanian di Universitas Teuku Umar adalah fokus pada pengembangan manajemen produksi, advance technology dan industri pertanian terintegrasi dengan agro-marine industry terkait pengembangan ekonomi masyarakat. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).