MEULABOHUTU | Dalam menyongsong program kerja tahun 2024, Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar Rapat Kerja (Raker). Kegiatan tersebut dalam rangka mensukseskan perubahan status Universitas Teuku Umar dari Perguruan Tinggi Negri Satuan Kerja (Satker) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum ( (PTN-BLU).

Selain itu, kegiatan Raker 2024 merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar sebagai wadah evaluasi kinerja seluruh unit kerja lingkup UTU 2023 sekaligus merumuskan rencana tindak lanjut program tahun 2024 yang melibatkan unsur Pimpinan tingkat Universitas, Fakultas hingga Unit Pelaksana Teknis yang ada di UTU. Raker dilaksanakan di Banda Aceh, 21-22 Oktober 2023.

Rektor UTU Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dalam arahannya menekankan pentingnya pelaksanaan Raker dalam upaya pengembangan kapasitas dan kapabilitas institusi.

“Semoga kegiatan Raker ini menghasilkan program yang tepat guna mewujudkan visi dan misi UTU menjadi kampus sumber inspirasi dan referensi dalam agro and marine industri,” tegas Rektor dengan penuh semangat, Sabtu (21/10/2023).

Prof. Ishak Hasan mengatakan persiapan Universitas Teuku Umar menjadi Perguruan Tinggi Negri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) memerlukan kekompakan dan inovasi dari berbagai sektor.

Strategi dan inovasi menurut Prof Ishak Hasan sangat diperlukan, Ia meminta kepada seluruh Civitas Akademika untuk lebih menggali sumber dana dari bidang-bidang usaha lainnya. Berkaca dari beberapa PTN yang sukses, Prof Ishak berharap kampus yang dipimpinnya dapat segera menjadi PTN BLU.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga memaparkan sejumah Program prioritas UTU Tahun 2024. Diantaranya yaitu Peningkatan Akreditasi Institusi, Pencapaian Target IKU, Kerjasama luar negeri, Percepatan Doktor dan Guru Besar, Pengusulan beberapa program Studi Pascasarjana dan lainnya.

Rektor juga berharap kesempatan Raker harus bisa dimanfaatkan untuk mereview kembali apa yang telah dilakukan sebelumnya, maupun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program kerja sehingga civitas akademika akan semakin siap dalam menyongsong program kerja selanjutnya.

Lanjutnya, rapat kerja 2024 sebagai salah satu metode evaluasi diri dalam rangka menilai dan memberikan jaminan mutu suatu pendidikan tinggi. Dengan demikian, rapat kerja ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan mutu tata kelola penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi.

“Dalam beberapa tahun ini telah banyak pencapaian dan prestasi UTU dalam berbagai aspek, ini tentunya harus kita tingkatkan lagi ditahun ini dalam mewujudkan UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi,” pungkas Prof. Ishak Hasan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).