MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan dengan Universitas Dharmawansa dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang Banda Aceh. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing mutu dan kualitas pendidikan di Aceh.

Secara bersamaan, Rektor UTU juga menandatangani kerjasama dengan PT Pegadaian Syariah Persero Aceh dan BPJS Kesehatan Cabang Aceh Barat, pada Selasa (27/2/2024).

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si bersama Rektor Universitas Dharmawansa Medan, Dr. H. Zamaksyafi bin Hasballah Thaib, Lc.M.A, Ketua STIES Banda Aceh Banta Karollah, S.E.,M.S.M, Vice President PT. Pegadaian Rahmat Hidayat dan Kepala Cabang BPJS Aceh Barat Apt. Manna, S.Si, MPH, AAK.

Dilanjutkan penandatangan SPK antara Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UniversitasTeuku Umar dengan BPJS
Kesehatan Kabupaten Aceh Barat.

Rektor UTU Prof Ishak Hasan mengatakan bahwa lahirnya kesepakatan ini sebagai wujud momen penting dan strategis yang sangat diharapkan demi tercapainya peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik.

“Kita semua bersyukur, penandatanganan MoU hari ini dapat dilaksanakan secara serentak disini, sebagai salah satu Universitas yang dibanggakan di Aceh. Sesungguhnya semua ini adalah qudrah dan iradah Allah, dan tentunya atas kebaikan dan kesediaan bapak ibu pimpinan instansi yang bersedia meluangkan waktu untuk bertandang ke Universitas Teuku Umar.

Prof Ishak Hasan mengatakan bahwa kerjasama ini penting untuk saling memberi dukungan antara sesama perguruan tinggi dan juga dengan dunia industri guna bersinergi untuk memberi dampak positif bagi pembangunan ekonomi dan sumberdaya manusia di Aceh.

Universitas Teuku Umar, kata Prof Ishak Hasan terus berkomitmen untuk memberikan menyelenggarakan pendidikan berkualitas sebagaimana cita-cita para leluhur pendiri dan pencetus lahir kampus UTU. Salah satunya lewat pemberian beasiswa dan membantu mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Menurutnya, saat ini lebih dari 60 persen mahasiswa yang kuliah di UTU berasal dari masyarakat ekonomi lemah.

Rektor juga berterimakasih dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor Universitas Dharmawangsa, Ketua STIES, Ketua BPJS, dan ketua Pegadaian Meulaboh serta jajarannya yang telah berkenan menyambut baik Kerjasama ini serta menyiapkan segala sesuatu sehingga dapat terwujud nota kesepakatan.

Harapannya, kerjasama ini dapat terimplementasi secara konkrit dan dapat dirasakan manfaatnya di lingkungan pendidikan. “Kita ingin pendidikan di Aceh semakin maju, dan upaya ini adalah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut,” katanya. (Aduwina Pakeh/ Humas UTU)