MEULABOH , UTU – Universitas Teuku Umar melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Universitas Teuku Umar (P2SDM UTU) bekerjasama dengan Pusat Sertifikasi dan Kinerja Dosen, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan Pelatihan Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI).

Pelatihan dan Bimtek PEKERTI tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UTU yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd pada Selasa, 5 September 2023 secara daring.

Ketua Panitia, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si melaporkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dosen dan merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam meningkatkan keterampilan pendagogis. Kegiatan tersebut berlangsung selama 9 hari dimulai tanggal 5 – 14 September 2023.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama sembilan hari secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang terdiri dari 65 jam materi pelatihan, 14 jam praktik peer teaching dan 41 jam pemberian tugas mandiri. Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 50 dosen dari lingkup Universitas Teuku Umar yang sudah memiliki jabatan fungsional,”Ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UTU, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd dalam sambutannya mengatakan UTU terus mendorong pengembangan kompetensi dosen harus terus menerus dibina dan dikembangkan sehingga dosen mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran.

“Pelatihan ini sangat penting diikuti karena dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam merancang pembelajaran sesuai dengan standar, meningkatkan kemampuan dosen dalam menyajikan kuliah dengan lebih menyenangkan,” Pungkas Prof. Nyak Amir.