MEULABOHUTU | Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si didampingi Wakil Rektor I UTU, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc berkunjung ke kantor Konsulat Jenderal India di Medan, Senin (5/6/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi dan membangun kerja sama antara Universitas Teuku Umar dan Konsulat Jenderal India di Medan.

Kualitas perguruan tinggi perlu ditingkatkan secara serius untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi Indonesia sehingga setara dengan kualitas pendidikan internasional. Salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi adalah dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yang mempunyai reputasi baik.

India merupakan salah satu negara yang memiliki potensi perguruan tinggi yang baik dengan berbagai program studi unggulan seperti linguistik, bahasa Inggris, teknologi informatika, pertanian, bisnis, dan sebagainya.

Kunjungan Pimpinan UTU disambut dengan baik oleh Konsulat Jenderal India, Shubham Singh. UTU – Konsulat membahas kemungkinan peluang kerjasama magang internasional dalam bidang teknik, IT dan agromarine, student mobility serta study lanjut dosen.

Rektor UTU, Dr. Ishak Hasan menyebutkan peluang mahasiswa UTU untuk mengikuti program magang Internasional terbuka lebar. Selain magang, juga kerjasama lainnya yang berhubungan dengan tri dharma perguruan tinggi, seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pertukaran mahasiswa.

“Saat ini sudah ada tiga Dosen UTU yang telah melakukan join research dengan ITEC India yaitu Firman Parlindungan, Ph.D, Yoga Nugroho, M.M dan Herri Darsan, M.T. Kedepan akan terus kita tambah,” pungkas Rektor

Konsulat Jendral India sangat mengapresiasi kunjungan tersebut dan berharap kunjungan singkat tersebut merupakan langkah awal untuk menjalin kerjasama yang lebih baik lagi ke depannya.

Rektor UTU juga menyerahkan plakat cenderamata kepada Konsulat Jenderal India. Semoga hubungan kerjasama yang direncanakan diberkahi dan dilancarkan Allah Swt. Aamiin