MEULABOHUTU | Sepanjang tahun 2023, Universitas Teuku Umar berhasil mendapatkan berbagai prestasi menjanjikan di level Nasional khususnya prestasi mahasiswa yang berhasil memenangkan berbagai kompetisi yang digelar oleh Kemendikbud ristek.

Diantara deretan prestasi membanggakan adalah keberhasilan Universitas Teuku Umar dalam peningkatan jumlah proposal Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023 berjumlah 9 Proposal dari 5 proposal di tahun 2022 lalu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 proposal berhasil masuk tahap visitasi dan berhak mengikuti ajang Abdidaya PPK Ormawa 2023.

Bahkan, Universitas Teuku Umar berhasil keluar sebagai juara di ajang Abdidaya 2023. UTU berhasil membawa pulang 3 medali pada ajang tahunan tersebut yakni 1 Medali Perak (terbaik 2) dan terbaik 4 untuk Organisasi Kemahasiswaan dan 1 Medali Perunggu (Terbaik 3) untuk Dosen Pendamping Terbaik atas nama Yarmaliza, SKM., M.Si.

Pencapaian UTU tersebut ternyata turut menginspirasi Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia untuk mengetahui kiat sukses UTU dalam pembinaan mahasiswa Universitas Teuku Umar khususnya dalam bidang PPK Ormawa. Salah satu diantara PTN berkelas di pulau Jawa yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) secara resmi mengundang perwakilan UTU untuk memberikan sharing session “best practice” di kegiatan Sosialisasi pengajuan proposal PPK Ormawa tahun 2024, yang dilaksanakan di UPNVJ, Jum’at (23/2/2024) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si mengutus Yarmaliza, SKM., M.Si selaku Dosen Peraih Awards di Ajang Abdidaya Ormawa 2023 yang juga Koordinator Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa UTU didampingi Melly, salah seorang mahasiswa yang peraih Award di ajang yang sama.

Di UPNVJ, Yarmaliza membagikan pengalaman Universitas Teuku Umar yang dalam 3 tahun terakhir secara berturut-turut mampu meraih prestasi di Ajang ABDIDAYA ORMAWA. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan pimpinan, bagian kemahasiswaan dan support system yang baik dimulai dari pembinaan mahasiswa dari sejak awal.

Shering session dari Yarmaliza dan Melly, mendapatkan sambutan yang hangat dari ratusan mahasiswa UPNVJ yang berlangsung di Auditorium MERCe, Gedung MERCe Lantai 8 Kampus Limo tersebut.

Di konfirmasi Humas UTU, Yarmaliza mengaku tersanjung ketika kampus sekelas UPNVJ mengundang UTU untuk berbagi pengalaman tentang keberhasilan UTU dalam PPK Ormawa. “Sebenarnya ini juga merupakan kesempatan emas bagi kita untuk mengenalkan UTU secara masif ke pentas Nasional, bahwa UTU meski berada di paling ujung Sumatera, namun mampu bersaing dengan berbagai kampus besar lainnya di Indonesia,” kata Yarmaliza

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor atas kesempatan membawa misi UTU di forum ilmiah yang diselenggarakan oleh UPNVJ. “Semoga kita juga dapat terus meningkatkan pencapaian baik kuantitas proposal maupun kualitas di program PPK Ormawa tahun 2024 ini” kata Yarmaliza.

Sebagaimana diketahui PPK Ormawa adalah serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi dengan diimplementasikan melalui program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan soft skills dan kompetensi kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi, penguatan karakter pancasila, bela negara, cinta tanah air, kebangsaan, kepemimpinan, dan bekerja sama (team work).

Secara umum kegiatan PPK Ormawa bertujuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas Ormawa agar mampu menjadi Organisasi Kemahasiswaan yang dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, unggul, dan berkarakter. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).