MEULABOHUTU | Membangun networking merupakan proses menjaring koneksi melalui hubungan relasi sosial. Proses ini mampu membuat individu mudah untuk dikenali serta menggambarkan diri secara personal.

Dalam membangun skill networking yang paling utama adalah individu harus proaktif dalam berkomunikasi dan bagaimana cara individu mampu untuk menarik orang-orang disekitarnya untuk tertarik dengan apa yang ditawarkan entah itu berupa barang, jasa ataupun diri secara personal.

Adapun beberapa manfaat jaringan adalah meningkatkan social capital, meningkatkan skill set dan general knowledge, menemukan kesempatan bisnis market, meningkatkan brand awareness, menumbuhkan self-confidence. Networking tidak selalu harus bertemu dengan orang baru. Networking juga dapat dilakukan dengan memperkuat relasi yang sudah ada melalui friend-of-friend mindset.

Itulah poin-poin penting yang disampaikan oleh Staf Khusus Pj Gubernur Aceh, Prof. Dr. Mukhlis Yunus, S.E., M.Si saat memberikan kuliah umum bertema “Membangun Networking di Dunia Kerja” yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi di Aula GKT, kampus UTU, Selasa (7/11/2023).

Melalui Mukhlis Yunus, Pj. Gubernur Aceh menaruh harapan kepada Rektor dan dekan dalam lingkungan Universitas Teuku Umar untuk dapat menjadikan UTU Sebagai center inkubator teknologi dan bisnis untuk mendorong kreatifitas kewirausahaan modern masyarakat.

“Sepatutnya UTU yang semakin maju dibawah Prof Ishak Hasan dapat mengemas pola pendidikan akademik yang  berbasis konsep Link and match atau taut suai sebagai salah satu solusi untuk menjawab sulitnya lapangan kerja saat ini,” kata Prof. Mukhlis

Lanjutnya, sungguh pantas pula UTU mengembangkan pusat2 studi  kelautan dan perikan dan lainnya untuk  mengoptimalkan pemanfaatan sumber  daya manusia dan sumber daya alam sekitar kawasan barat selatan Aceh itu.

“Pak Pj Gubernur mengharapkan Kampus UTU untuk dapat memperluas dan mengintensifkan program MBKM, dan sejumlah inovasi baru. Mahasiswa dan alumni UTU juga  diharapkan menjadi pelopor kemajuan bangsa dengan dukungan pengetahuan dan pengalaman praktis yg memadai sesuai tuntutan dunia kerja,” lanjut Prof Mukhlis

Diluar solusi alternatif yang terkait dunia kerja, Pj Gub Aceh juga menitip harapan kepada civitas akademika UTU untuk menggali dan mengedukasi filosofi tari saman, tari pukat, ratoh jaroe yg diciptakan oleh pendahulu kita menunjukkan kepercayaan, persatuan, kecepatan, semangat, loyalitas, tanggungjawab, kecerdasan, keberanian mengambil resiko untuk hal yang telah dihitung matang dan keyakinan kepada Allah SWT (karena didalamnya ada zikir).

Sebelumnya Dekan Fakultas Ekonomi UTU, Dr. Hamdi Harmen, S.E., M.M dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesempatan dan kehadiran Prof. Mukhlis Yunus yang juga Staf Khusus Pj. Gubernur Aceh untuk mengisi kuliah umum di UTU.

“Kiranya melalui Bapak Prof Mukhlis, kami sampaikan harapan agar Universitas Teuku Umar yang merupakan PTNB di Aceh ini, mendapatkan perhatian khusus dari Pj. Gubernur Aceh dalam usaha mendukung program pembangunan sumber daya manusia di kawasan Barat Selatan Aceh,” Harap Dekan FE UTU.

Hadir dalam kegiatan kuliah umum tersebut, Wakil Dekan I dan II Fakultas Ekonomi Zainal Putra, S.E., M.M dan Ika Rahmadani, S.E., M.Si. Turut hadir para ketua program studi lingkup FE, dosen dan tendik serta ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan dari prodi lainnya. (Humas UTU).