MEULABOHUTU | Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka merancang Kurikulum Akuntansi Berwawasan Agro dan Marine dengan Integrasi TIK dan Big Data untuk mencetak lulusan unggul dan berdaya saing.

Kegiatan yang dipandu oleh Dara Angreka Soufyan, S.P., M.Si ini diikuti oleh para dosen Prodi Akuntansi dan sejumlah dosen di lingkup Fakultas Ekonomi UTU. Kegiatan FGD menghadirkan narasumber utama yaitu Prof. Dr. Mirna Indriani, S.E., M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala.

Selain itu, juga dihadirkan narasumber secara daring Irna Susrianti (Alumni, General Manager Aluan Germany) dan Muhammad Syukur, M.B.A (Asisten Professor Mae Fah Luang University, Thailand). Turut diundang stakeholder dari Sektor Publik, Sektor Energi, Sektor Perbankan dan Keuangan, Sektor Komersial dan Industri.

Turut hadir pada pembukaan acara, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Hamdi Harmen, SE., M.Si, Wakil Dekan 1 dan II Fakultas Ekonomi, Zainal Putra, S.E., M.M dan Ika Rahmadani, S.E., M.Si. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat senat Universitas Teuku Umar, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Selasa (30/7/2024).

Hamdi Harmen dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kurikulum sebagai perangkat pendidikan dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, serta kurikulum juga termasuk amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituangkan dalam capaian pembelajaran lulusan melalui rumusan kompetensi.

“Hal ini nantinya akan dicapai oleh lulusan pada program studi yang menjadi standar kompetensi lulusan, CPL juga perlu disesuaikan untuk tiap matakuliah wajib maupun pilihan pada program studi maupun fakultas,” kata Dekan

Dengan terselenggaranya FGD ini, diharapkan kurikulum Prodi Akuntansi kedepan dapat segera disusun dan diimplementasikan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan kompetensi mahasiswa. “UTU terus berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi saat ini,” pungkas Dekan

Ketua Prodi Akuntansi, Sari Maulida Vonna, SE, MSi, Ak menjelaskan Prodi Akuntansi berinisiatif untuk mengkaji dan merevisi kurikulum agar lebih adaptif terhadap perkembangan sektor agro dan marine, yang merupakan sektor unggulan di daerah, serta memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dan Big Data.

“Revisi kurikulum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan zaman, sehingga mereka mampu bersaing di dunia kerja baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas Sari Maulida Vonna

FGD ini juga bertujuan merumuskan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh lulusan akuntansi agar memiliki daya saing tinggi. Melalui diskusi yang melibatkan dosen, tenaga pengajar, perwakilan industri, praktisi, ahli teknologi, alumni, dan mahasiswa, diharapkan tersusun draft kurikulum baru yang komprehensif dan relevan.

“Hasil akhir yang diharapkan adalah kurikulum yang dapat diterapkan secara efektif, dilengkapi dengan strategi implementasi yang realistis dan berkelanjutan, serta dukungan dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan,” pungkas Sari Maulida Vonna. (Aduwina Pakeh)