MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU)  menyambut mahasiswa baru melalui kegiatan Silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2023 yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 14 – 16 Agustus 2023 di Auditorium Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU Alue Penyareng.

Sebanyak 1,588 mahasiswa baru dari berbagai fakultas mengikuti kegiatan SIMBA ditingkat Universitas pada Senin (14/8/2023) dengan diisi oleh berbagai narasumber. SIMBA 2023 merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun bagi Mahasiswa Baru Universitas Teuku Umar.

Dengan dimulainya SIMBA di tingkat Universitas, maka mahasiswa baru secara resmi telah diterima untuk bergabung di Universitas Teuku Umar. Pada masa studi mendatang, mahasiswa diharapkan menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab selama menempuh pendidikan di UTU. Mengembangkan bidang keilmuan dan bidang minat di luar kompetensi keilmuan yang terdapat di program studi masing-masing.

Dalam sambutannya, Rektor Dr. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru atas keberhasilannya menembus seleksi masuk Universitas Teuku Umar. Mahasiswa baru tidak hanya dituntut untuk belajar menimba ilmu sesuai bidangnya, tetapi juga dituntut aktif dalam kegiatan kemahasiswaan guna menambah kemampuan softskill yang akan menjadi nilai tambah.

Rektor mengatakan bahwa kegiatan SIMBA merupakan program nasional (baca. PKKMB) yang wajib dilaksanakan oleh semua Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Kedinasan di seluruh wilayah Indonesia.

“SIMBA merupakan wahana untuk mempersiapkan dan memperkenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, sehingga mahasiswa baru dapat mengenal dan memahami bagaimana mekanisme kehidupan di perguruan tinggi,” ungkap Rektor.

UTU mendidik mahasiswa untuk memiliki semangat dan pengetahuan untuk mengembangkan usahanya masing-masing ketika lulus nantinya. “Sesuai dengan Visi UTU menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam hal agro and marine industry atau industri berbasis pertanian dan industry berbasis kelautan perikanan,” Jelas Dr. Ishak Hasan

Sebagai upaya untuk menjadi aktor utama dalam peradaban bangsa, Dr. Ishak Hasan mengajak agar mahasiswa baru UTU terus belajar dan bekerja keras serta terus berupaya meningkatkan soft skill. Tidak hanya itu, mahasiswa juga harus memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong, dan memiliki jiwa dan akhlak yang mulia.

“Lanjutkan prestasi yang anda sudah ukir selama ini, oleh karena itu ruang yang kita berikan semakin terbuka lebar. Jadi tidak perlu ragu bersaing dengan para mahasiswa yang ada di Indonesia dan dunia, anda bisa bersaing karena kami memang sudah siapkan talenta menjadi pemenang dalam segala persaingan kedepan,” kata Dr. Ishak Hasan

Dr. Ishak Hasan juga dengan tegas melarang mahasiswa UTU melakukan segala bentuk perpeloncoan, penistaan dalam bentuk apapun karena semua itu adalah pelanggaran atas hak asasi manusia dan merupakan tindakan kriminal. Hindari berkembangnya paham radikalisme, kesukuan, ras dan lain-lain, atau hal lain yang menyimpang dari Pancasila.

Sebaliknya paham-paham yang harus dikembangkan adalah paham kerja keras, paham kejujuran, paham jiwa ksatria, tertib waktu, paham toleransi, paham kasih sayang, paham inovasi, jiwa ksatria, jiwa bertanggungjawab, jiwa yang tawadu dan tawakal.

“Oleh karena itu saya berharap agar mahasiswa peserta SIMBA bisa mengikuti dengan baik untuk mengetahui semua materi yang diberikan baik dari eskternal maupun internal sehingga anda bisa sukses dalam mengikuti pendidikan tinggi di UTU. Saya harapkan kegiatan SIMBA ini lebih banyak bersifat ilmiah, bukan plonco atau fisik yang diutamakan atau ditonjolkan, bagi peserta SIMBA saya harap tetap menjaga kesehatan agar kondisi tetap terjaga hingga berakhirnya kegiatan ini,” pinta Rektor mengakhiri sambutan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana SIMBA UTU 2023, Ibrahim, SKM., MNSc kepada humas UTU mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Melalui SIMBA mahasiswa diberikan bekal agar mampu berproses dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global,” jelas Ibrahim yang juga Wakil Rektor III UTU

Untuk kelancaran program SIMBA 2023, kita turut didukung oleh Dandenkesyah IM 04.02 Meulaboh dengan menyiapkan 1 ambulance, 1 dokter umum dan tenaga medis. Selain itu turut disupport oleh KSR PMI, Satuan Menwa dan segenap panitia.

Turut hadir dalam pembukaan SIMBA tahun 2023 adalah Wakil Rektor I Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor III Ibrahim, SKM., MNSc, Para Dekan, Ketua LPPM-PMP, Kepala Biro AKPK, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Para Koordinator Bagian, serta perwakilan Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Teuku Umar. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).