MEULABOHUTU | Memasuki hari keempat puasa Ramadhan 1445H, Rumah Amal Teuku Umar (RATU) Universitas Teuku Umar bekerjasama dengan Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Aceh menggelar Safari Ramadhan dengan mendatangkan Jauhlah Syaikh Palestina yang diselenggarakan di Masjid Nurul ‘Ilmi Kampus UTU, Kamis (14/324).

Dalam kegiatan Safari Ramadhan ini dihadiri oleh ulama dari Palestina yakni Syaikh Ahmad Adel Hamza didampingi Ustadz H. Surianto Sudirman, Lc., MA selaku Pembina KNRP Aceh yang dalam kesempatan ini bertindak sebagai penerjemah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Dr Ir M Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof Dr Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor III Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc, juga Kabiro UK Zulfirman, SE., M.Si, Para Dekan, serta para dosen dan mahasiswa lingkup Universitas Teuku Umar.

Kegiatan safari dakwah bersama para ulama dari Palestina ini sudah menjadi program rutin KNRP selama bulan suci Ramadhan dengan menggandeng sejumlah komunitas, baik kampus maupun Masjid atau surau.

Kegiatan Safari Ramadhan ini tentunya bertujuan untuk dapat menjalin silaturahmi dalam nuansa kebahagiaan di bulan suci nan penuh berkah ini. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai media untuk mendapatkan informasi tentang perjuangan Palestina dalam menghadapi agresi Israel. sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Gaza telah diserang oleh Israel sejak Oktober 2023 lalu hingga saat ini yang telah membunuh lebih dari 31 ribu jiwa dan 70 ribu lainnya luka-luka.

Dalam kesempatannya, Syaikh Ahmad mengucapkan terimakasih atas sambutan yang ramah dari civitas Universitas Teuku Umar. beliau juga mengajak para mahasiswa UTU untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu pengetahuan. Karena dengan ilmu, kita dapat membangun bangsa dan Negara.

Syeikh Ahmad juga mengisahkan bagaimana perjuangan anak-anak palestina dalam mencari ilmu pengetahuan, di tengah keterbatasan akibat serangan Israel yang bertubi-tubi namun mereka tetap berjuang untuk pengetahuan. “Jangan sia-siakan kesempatan yang baik seperti ini untuk mencari ilmu secara sungguh-sungguh dan rajin beramal shaleh,” Pesan Syeikh Ahmad kepada mahasiswa UTU melalui Ustadz Surianto.

Syeikh Adel juga menambahkan, perjuangan Rakyat Palestina terus bertahan ditengah gempuran Israel dengan tidak meninggalkan negara Palestina antara lain adanya perasaan cinta terhadap tanah air, wilayah Palestina adalah wilayah yang suci, pahala orang yang beramal di Palestina sama dengan orang yang berjihad dijalan Allah dan orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadr sambil mencium Hajar Aswad.

“banyak sekali hal yang sulit untuk ditinggalkan di Palestina dan untuk kalian kaum muda teruslah berikhtiar dijalan Allah SWT tanpa melupakan kewajiban olehnya sekalipun,” pungkasnya.

Setelah sesi penyampaian ceramah oleh Syeikh Ahmad Adel Hamza, tim KNRP Aceh didampingi tim KNRP Aceh Barat memutarkan video documenter tentang situasi perang di Gaza, dilanjutkan dengan pengumpulan donasi dari civitas akademika UTU.

Manager Rumah Amal Teuku Umar, Ustadz Dr. Ismu Ridha, MA saat dikonfirmasi Humas UTU berharap dengan kehadiran Syekh Ahmad Adel Hamza ke UTU dapat menggerakkan hati umat Islam khususnya para Civitas Akademika UTU untuk membantu warga Palestina.

Sebab, umat Muslim di Palestina harus menjalani ibadah puasa di tengah ketegangan dan gempuran militer Israel. “Kondisi Palestina saat ini dilanda konflik yang tak berujung. Insya Allah dengan diutusnya para ulama ke Indonesia bisa menggerakkan hati umat manusia untuk membantu para penduduk Palestina di Gaza,” ucap Dr Ismu Ridha

“Alhamdulillah dari kegiatan safari Ramadhan kali ini di UTU, berhasil mengumpulkan sebanyak Rp. 5.580.000. Dana ini disalurkan melalui KNRP untuk masyarakat Palestina” pungkas Dr. Ismu Ridha. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).