MEULABOHUTU | Musyawarah Besar Alumni merupakan pertemuan besar yang diadakan oleh para alumni suatu institusi atau organisasi untuk membahas berbagai hal terkait dengan kegiatan dan program alumni. Mubes alumni diadakan secara berkala setiap beberapa tahun sekali, dan bertujuan untuk mempererat jaringan dan kerjasama antara alumni, serta untuk membahas isu-isu penting yang terkait dengan masa depan alumni tersebut.

Dalam Mubes alumni, para peserta membahas program-program yang telah dilaksanakan, memberikan laporan tentang pencapaian dan berbagai kegiatan alumni, serta merumuskan rencana ke depan. Acara ini juga dapat menjadi momen untuk saling berbagi pengalaman, mendiskusikan perkembangan terkini di bidang terkait, dan menjalin koneksi yang dapat mendukung karier dan kehidupan pribadi masing-masing alumni.

Dengan berakhirnya kepengurusan alumni Fakultas Teknik pada periode yang lalu, yang diketuai oleh Angga rahmaidi, ST tentunya harus dilakukan suksesi untuk kepengurusan periode yang baru untuk melanjutkan program-program kerja dan membantu para alumni dalam menggapai dunia kerja setelah selesai masa perkuliahan di kampus.

Kegiatan musyawarah besar (Mubes) Alumni yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM, yang kemudian dirangkai dengan penjelasan dari Pengurus Ikatan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Aceh Barat tentang peran dan kontribusi PII bagi insinyur dan bagaimana proses menjadi anggota PII, yang kali ini disampaikan oleh narasumber Ir. Meidia Refiyanni, ST., MT., IPM.

Pada musyawarah besar kali ini bertindak sebagai pimpinan sidang terdiri dari 3 orang perwakilan alumni yaitu Samsul Wahidin, ST., MT, Suci Fadilla Tanjung, ST dan Angga rahmaidi, ST.

Kesemua pimpinan sidang merupakan alumni yang mewakili berbagai jenjang angkatan kelulusan dan pengurus domisioner pada periode yang lalu, Sehingga rapat yang dipimpin oleh tiga orang pimpinan sidang tersebut telah berhasil mengesahkan tata tertib, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) ikatan alumni dan proses pemilihan ketua.

Proses diskusi yang diwarnai dengan beberapa interupsi yang diberikan oleh masing-masing peserta mubes, maka terpilihlah secara aklamasi alumni Fakultas Teknik dari prodi Teknik Sipil yaitu Zulyaden, ST., MT untuk periode masa kepemimpinan 2023-2026.

Menanggapi hasil pemilihan ketua alumni, Dekan FT UTU mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas telah terlaksananya Musyawarah Besar Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar ini, “ini merupakan momentum yang baik untuk memberikan kontribusi yang nyata oleh alumni kepada kampus yang notabene adalah tempat melahirkan para sarjana dan juga bagi para alumni-alumni muda dalam mengarungi dunia kerja yang begitu luas dan kompetitif serta bagi masyarakat yang menanti kiprah nyata dari para alumni Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar”. Kata Dr. Irwansyah. (Humas UTU).