MEULABOHUTU | Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar senantiasa berkomitmen meningkatkan ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Mendukung itu, berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya melalui kunjungan ke Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat

Kunjungan tersebut dirangkai dengan penandatanganan  Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Prodi IAN FISIP UTU dengan Departemen IAN Universitas Negeri Padang (UNP) berkaitan dengan Pertukaran Mahasiswa, Guest Lecture Series dan Kolaborasi Publikasi Ilmiah.

Penandatangan PKS dilakukan oleh Nodi Marefanda, S.PI., M.A.P selaku Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU dengan Dra. Fitri Eriyanti, M.Pd., Ph.D sebagai Kepala Departemen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP yang berlangsung pada Selasa (13/11/2023) di kampus Universitas Negeri Padang.

Prosesi tersebut turut disaksikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNP Afriva Khaidir, S.H., M.Hum., MAPA., Ph.D yang juga sebagai ketua Asosiasi Ilmuan Administrasi Negara (ASIAN) Indonesia.

Nodi Marefanda dalam kesempatannya mengatakan, berbagai ruang lingkup kerja sama yang disepakati kedua belah pihak diharapkan betul-betul terlaksana sebagaimana tertulis dalam PKS tersebut.

“Saya sangat mengharapkan setelah penandatanganan PKS ini kita betul betul riil akan melakukan berbagai kegiatan. Saya harap juga kerja sama ini akan terus berlanjut. Intinya adalah semua kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang tentunya akan sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi kita semua, khususnya untuk Prodi Ilmu Administrasi Negara,” tutur Nodi yang turut didampingi sekretaris Prodi IAN UTU Muntaha Mardhatillah, S.A.P., M.A.P.

Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan dan telah menghargai kedatangan kami dari Aceh. Ia melanjutkan, pertukaran mahasiswa Merdeka merupakan hal yang baru dari beberapa program yang pernah dilaksanakan sebagai bagian dari kampus merdeka.

Dirinya berharap kedepannya dapat segera diimplementasikan dan disusun perencanaannya baik dari juklak serta juknisnya.

Sementara itu, Afriva Khaidir menuturkan bahwa kolaborasi dengan Prodi Administrasi Negara UTU sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek. Juga sebagai upaya UNP mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

“Salah satu langkah nyata kami tentunya melalui penandatanganan PKS ini. Kami harapkan moga-moga keberlanjutan dari PKS ini setiap tahun ada. Kami harap UTU, khususnya Kaprodi Ilmu Administrasi Negara bisa kita kolaborasi ke depannya, misalnya untuk terbitan hasil karya-karya mahasiswa,” ucapnya.

Adapun pasca penandatangan kerja sama tersebut, ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU langsung melaksanakan Guest Lecturer perdana kepada mahasiswa Departemen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP di kelas, kegiatan tersebut disambut hangat oleh para mahasiswa IAN. (Humas UTU)