MEULABOHUTU | Mahasiswa dari dua Perguruan Tinggi Negeri di Aceh Barat mengambil inisiatif mulia dengan menggalang dana sebagai tindakan kemanusiaan untuk membantu warga Palestina yang menjadi korban perang dan konflik wilayah yang sampai saat ini belum mendapatkan keadilan. Kedua PTN tersebut adalah Universitas Teuku Umar dan Sekolah Tinggi Agama Islam Teungku Dirundeng Meulaboh

Aksi kemanusiaan yang diberi nama #KitaPalestina tersebut telah berhasil mengumpulkan sejumlah dana yang signifikan, yaitu sebanyak Rp 66.265.000 hingga Selasa (14/11/2023).

M. Akbar Ichtiar Penanggung Jawab kegiatan #KitaPalestina menyampaikan aksi kemanusiaan ini merupakan contoh nyata dari kepedulian dan empati generasi muda yang berusaha membuat perbedaan di dunia.

“Semoga aksi penggalangan dana ini terus berjalan sukses dan membawa bantuan yang diperlukan kepada warga Palestina yang sedang mengalami masa sulit,” kata M. Akbar

Selain itu, kegiatan ini kita niatkan sebagai syiar untuk terus menjaga dan meningkatkan awareness dari masyarakat agar terus memperhatikan isu Palestina.

“Strategi yang digunakan ketika penggalangan dana diantaranya penggunaan atribut seperti syal dan bendera Palestina, pembagian stiker Palestina, penempatan kotak amal di kampus, serta penyediaan dan pembagian miniatur bendera Palestina kepada masyarakat,” ujar pentolan alumni Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU ini.

Wardiati, Ketua Senat Mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh menyampaikan bahwa kegiatan penggalangan dana ini dilaksanakan dengan penuh semangat di beberapa titik persimpangan jalan dalam kota Meulaboh diantaranya  Sp. Kisaran, Sp. Rundeng dan Sp. Pelor. Juga dilakukan kunjungan ke pasar-pasar, Kampus, instansi pemerintahan, partai politik, perusahaan, dan kami juga membuka donasi lewat transfer Online.

Ia menekankan betapa pentingnya solidaritas dan dukungan dari masyarakat dalam situasi sulit yang dihadapi oleh warga Palestina. Dengan semangat kepedulian dan tindakan nyata ini, mahasiswa dari UTU-STAIN tersebut berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya membantu saudara-saudara mereka di Palestina yang sedang membutuhkan bantuan.

Wardiati juga mengumumkan bahwa kegiatan yang telah berlangsung sejak 6 November 2023 ini akan berlanjut hingga 19 November mendatang, dengan harapan dapat mengumpulkan lebih banyak lagi dana untuk membantu warga Palestina yang tengah menderita.

Donasi ini nantinya akan disalurkan kepada Saudara/i kita di Palestina melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Aceh Barat.

“Semoga dengan kepedulian dari Komunitas #KitaPalestina terhadap warga Palestina mampu menjadi pemantik  semangat untuk organisasi lainnya dan menunjukkan sikap  pada siapa kita berpihak”. Ujar Wardiati

Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Aceh Barat atas bantuan donasi yang telah disalurkan, semoga donasi yang diberikan dapat sedikit meringankan kondisi sulit yang ditanggung oleh rakyat Palestina. Kami berdoa semoga bantuan yang diberikan diridhoi oleh Allah SWT. dan menjadi catatan kebaikan sehingga kita semua mendapatkan karunia rahmat Allah SWT.” Tutupnya. (Humas UTU).