MEULABOH – UTU |Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris (BKI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh pada Kamis, 08 Agustus 2024 di Ruang Kepala LPP RRI Meulaboh, Pasi Jambu, Aceh Barat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Prodi BKI UTU, Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, sebagai perwakilan dari Prodi BKI UTU dan Kepala LPP RRI Meulaboh, Wenny Zulianti, S.H., Kepala Seksi Siaran Arman Syah, S.I.Kom., serta penyiar dan staf lainnya dari pihak LPP RRI Meulaboh.

Ketua Prodi BKI UTU, Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, menyampaikan bahwa SPK yang ditandatangani adalah mengenai pengadaan siaran Meulaboh English Program di saluran Pro 2 RRI Meulaboh. “Penandatanganan SPK ini mengenai pengadaan siaran Meulaboh English Program yang akan diisi oleh ke-12 dosen BKI UTU. Mereka akan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengajar bahasa Inggris secara gratis”, ucap Refanja.

“Semoga dengan adanya program siaran ini, masyarakat dapat lebih terekspos dengan Bahasa Inggris. Selain itu, kesempatan ini juga untuk mempromosikan prodi bahasa Inggris UTU yang baru terbentuk”, tambahnya.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Meulaboh, Wenny Zulianti, S.H., mengungkapkan bahwa program belajar bahasa Inggris di radio merupakan program penting yang baru dirancang LPP RRI Meulaboh.

“Setelah mengetahui telah terbentuknya program studi Bahasa dan Kebudyaaan Inggris di UTU, saya langsung menghubungi apakah mungkin diadakan siaran belajar bahasa Inggris semacam itu. Kebetulan saya dulu berpengalaman mengurusi Medan English Program dan Metro English Program”, ujar Wenny.

“Kita berharap melalui program ini, masyarakat, khususnya kalangan remaja, dapat praktik berbicara Bahasa Inggris secara interaktif dan fun tanpa perlu khawatir takut salah. Masyarakat dapat mengakses siaran ini melalui aplikasi RRI Digital atau melalui YouTube RRI Meulaboh.”, lanjutnya.

Kerjasama dengan LPP RRI Meulaboh, merupakan kerjasama pertama yang dilakukan Prodi BKI UTU semenjak baru terbentuk pada tanggal 27 Mei 2024. “Moga dalam waktu dekat prodi ini dapat menjalin kerjasama di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” tutup Refanja.