MEULABOHUTU | Pada 4-5 Desember 2023, bertempat di kantor Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Singkil, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Singkil melakukan launching brand dan produk hasil pendampingan dari kegiatan Kedaireka.

Brand yang dimaksud adalah Singkil Feed, yang merupakan merek untuk produk pakan ikan. Dekan FPIK, Dr. Ismail Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan beberapa point yaitu diantaranya kedaireka ini merupakan skema pengabdian kepada masyarakat dosen, dlm bentuk transfer Iptek kepada mitra.

Kedaireka pada kali ini dalam bidang budidaya perikanan spesifiknya adalah pakan ikan air tawar. “kita tahu bahwa  praktiknya pakan ikan atau dikenal dengan sebutan pellet, adalah cost operasional terbesar dalam pembesaran ikan, dan angkanya bisa mencapai 50-65%,” jelas Dr. Ismail Sulaiman

Oleh karena itu lanjutnya, kehadiran brand lokal seperti  Singkil Feed, adalah step awal atau langkah kecil tuntuk menuju langkah menengah dan seterusnya.

“semoga brand lokal ini kedepan bisa menjadi support system bagi semua pembudidaya ikan di Aceh Singkil ini. kekurangan pasti ada dalam setiap kegiatan, dan itu yang perlu kita perbaiki dari waktu ke waktu,” pungkasnya

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Aceh Singkil, Drs. Saiful Umar dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada tim Kedaireka UTU yang telah turut berkontribusi nyata dalam hal peningkatan daya saing pembudidaya ikan air tawar spesifiknya transfer Iptek pakan mandiri hingga lahirlah brand lokal Singkil Feed ini, dan berharap kiranya pada tahun 2024 terdapat keberlanjutan program.

Sebagai informasi bahwa, kegiatan launching ini merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan kedaireka yang bertujuan untuk memperkenalkan produk pakan ikan yang telah diproduksi oleh kelompok pakan mandiri aceh singkil yang telah didampingi oleh tim UTU dan Diskan Singkil. (Humas UTU).