MEULABOHUTU | Kabar gembira dan membanggakan kembali diraih oleh seluruh keluarga besar prodi Agribisnis Universitas Teuku Umar. Prodi Agrinisnis berhasil meraih peringkat pertama (1) terkait Kinerja Publikasi karya Ilmiah tingkat Universitas Teuku Umar berdasarkan Pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA).

Prodi Agribisnis memperoleh nilai tertinggi Score Overall :5.342 dan SINTA Score 3Yr: 3.977 mengungguli semua program studi di Universitas Teuku Umar.

Adapun yang masuk dalam 5 besar program studi dengan score SINTA tertinggi lingkup UTU adalah Agroteknologi (SINTA Score 3Yr: 3.465), Kesehatan Masyarakat (SINTA Score 3Yr: 3.285), Ilmu Komunikasi (SINTA Score 3Yr: 2.849) dan Ilmu Administrasi Negara (SINTA Score 3Yr: 2.761).

Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang merekam jumlah publikasi masing-masing institusi. Score Sinta prodi merupakan hasil dari akumulasi publikasi dan sitasi dosen dan mahasiswa yg terdata pada Scopus, Garuda, Google Scholar, dan WoS.

Angka tersebut merekam kinerja publikasi selama 3 tahun terakhir yang menunjukan progresifitas prodi Ilmu Pemerintahan yang sangat luar biasa sehingga memperoleh predikat terbaik nasional.

Jika merujuk peringkat Nasional, posisi Prodi Agribisnis UTU juga cukup membanggakan. Prodi Agribisnisi UTU mampu bersaing di peringkat 10 besar Nasional atau diperingkat 7 dari 271 Prodi Agribisnis jenjang studi S1, satu tingkat dibawah Universitas Brawijaya. Sementara peringkat 1 hingga 5 Nasional diraih oleh Prodi Agribisnis Universitas Padjajaran (Sinta Score 3yr: 8.058), Universitas Sebelas Maret (Sinta Score 3yr: 6.832), Universitas Udayana (Sinta Score 3yr: 4.476), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Sinta Score 3yr: 4.266) dan Universitas Syiah Kuala (Sinta Score 3yr: 4.211)

Ini tentu saja sangat disyukuri oleh prodi Agribisnis UTU. Raihan ini merupakan buah dari kerja keras, kerja ikhlas dan kolaboratif serta melalui proses yang panjang sehingga menjadi salah satu kado terindah di awal tahun 2024 ini.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Prodi Agribisnis Teuku Athaillah, S.P., M.Si. ”kami sangat fokus mendorong agar dosen-dosen dan mahasiswa memiliki publikasi ilmiah yang banyak”. Dosen-dosen Prodi Agribisnis memang memiliki semangat menulis yang sangat tinggi dan juga mendorong adanya kolaborasi dengan mahasiswa. Adanya  kolaborasi antara mahasiswa dan dosen sehingga proses pengerjaan artikel ilmiah menjadi lebih terarah karena mahasiswa didampingi langsung oleh dosen,”Ungkap Athaillah.

“Hal ini membuktikan Prodi Agribisnis memberikan kontribusi nyata terhadap kenaikan klaster UTU dari madya menjadi utama. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi semua pihak yang terlibat. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian demi mencapai prestasi yang lebih tinggi di masa depan,” ujar Athaillah.

Menyambut hal ini, peraih skor sinta tertinggi di Prodi Agribisnis, Muhammad Reza Aulia, menyampaikan, “Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk seluruh dosen khususnya dosen Prodi Agribisnis untuk tetap menjaga kualitas penelitian dan publikasi. Semangat kolaborasi menjadi kunci sukses meraih skor sinta tinggi. Dan sudah saatnya kita mengurangi egosentris bidang ilmu dan kelompok. Kesenjangan antara dosen senior dan junior juga seharusnya dihilangkan untuk memupuk semangat kolaborasi antar dosen.” kata Reza Aulia

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi program studi lainnya dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Apresiasi tinggi juga disampaikan oleh Ir. Rusdi Faizin, M.Si selaku Dekan Fakultas Pertanian UTU. “Selamat atas pencapaian sangat luar biasa dan membanggakan dari Prodi Agribisnis. Ini berkat kerja keras Kaprodi, sekprodi, seluruh dosen dan mahasiswa Prodi Agribisnis. Semoga ini menginspirasi prodi-prodi lain di FP UTU untuk mengikuti jejak baik dari prodi Agribisnis ini, ”tutup Rusdi Faizin. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).