MEULABOHUTU | Menjalankan FGD penelitian skema Penelitian Lektor Kepala, Dekan FISIP UTU Basri, S.H., M.H menyampaikan materi Strategi Pengembangan kawasan wisata dengan program konservasi di Jaboi Kota Sabang, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh banyak unsur pemerintah dan masyarakat. Hadir mewakili Dan Lanal Sabang, BPKS, Dinas Pariwisata, DKP, MAA, Camat, Polsek, KORAMIL, Mukim, Para Keuchik Se kota Sabang dan lembaga Panglima laot Sabang serta LSM WCS.

FGD Penelitian tersebut bukan saja menghimpun data penelitian, tetapi ikut memberi sumbang pemikiran yang diserahkan kepada Keuchik Jaboi berupa Draft Qanun Mukim Balohan tentang Kawasan Pantang Adat Batee Tamon Lhok Jaboi.

Bersamaan dengan Hari Soempah Pemoeda tanggal 28 Oktober 2023, Dekan FISIP menyerahkan draft Qanun Mukim kepada keuchik Jaboi sebagai bentuk dedikasi akademik dari Universitas Teuku Umar kepada masyarakat dengan menyumbang draft Qanun pantang adat laot kawasan Bate Tamon lhok Jaboi.

Dalam materi Basri menyampaikan perlu dukungan para pihak atas keinginan grassroot dari masyarakat untuk melestarikan kawasan batee Tamon sebagai upaya keseimbangan alam agar dapat memberikan manfaat atas kesejahteraan masyarakat pesisir dan nelayan.

Masyarakat pesisir dapat manfaatkan jasa lingkungan dengan ekowisata dan nelayan meningkatkan daya tangkapan ikan yang banyak karena batee Tamon adalah sarang berkembang biak ikan laut dalam ekosistem laut dengan terumbu karang yang masih sangat bagus dalam kawasan inti batee Tamon.

Peningkatan daya tangkap dan pemanfaatan jasa lingkungan menjadi tujuan utama dalam penetapan kawasan inti batee Tamon yang mendapat dukungan penuh Panglima laot Lhok Jaboi dan tokoh adat serta tuha peut gampong serta unsur lain nya.

Pada kesempatan tersebut, Draft Qanun yang diserahkan Dekan FISIP UTU mendapat apresiasi dari berbagai kalangan yang hadir seperti Unsur Lanal Sabang, MAA, Lembaga Panglima Laot Sabang, Sekertaris Mukim Balohan, para keuchik, BKSDA, koramil, polsek dan dinas pariwisata serta dinas dkp Kota Sabang.

“Semoga draft ini mendapat manfaat yang besar buat kami semua dan Terima kasih kami kepada ITU atas dedikasi membangun gampong kami” Ungkap Tgk. Mandi dari unsur Wakil Ketua MAA di acara penutup penyerahan draft Qanun ini. (Humas UTU).