MEULABOH – UTU | Fakultas Teknik UTU ( FT-UTU) telah sukses melaksanakan kegiatan Seminar internasional dengan mengusung tema “The 1st International Conference on Applied Engineering Science, Technology and Innovation (AESTI) 2023”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin  (06/11/2023) ini  dihadiri oleh Rektor UTU dan  Para Pimpinan Universitas, Dekan Fakultas Teknik beserta jajaran pimpinan serta dosen Program Studi Lingkup Fakultas Teknik, Dinas pemerintahan daerah Aceh barat dan Nagan Raya, para mitra dan tamu undangan, dan mahasiswa/i fakultas Teknik.

Peserta yang hadir sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh para narasumber. Narasumber dihadirkan dari beberapa negara, yaitu Prof. Dr. Syamsidik, S.T., M.Sc (Universitas Syiah Kuala, Indonesia), Assoc. Prof. Huang, Chih-Yuan (National Central University, Taiwan), Dr. Nguyen Min Tien (University of Danang, Vietnam), Assoc. Prof. Dr. Ahmad Faisal Bin Mohammad Ayob (University of Malaysia Terengganu), dan Dr. Muhammad Aziz (University of Tokyo, Japan).

Acara ini dibuka langsung oleh bapak Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak., M. Si sekaligus memberi sambutan dan menyampaikan “kita berharap seminar ini menjadi bukti nyata semangat penelitian dan keinginan berbagi ilmu, semoga kegiatan positif seperti ini akan terus berlanjut”. Tidak lupa beliau mengapresiasi kinerja dari Fakultas Teknik yang telah berhasil melaksanakan Seminar Internasional yang pertama dalam sejarahnya sejak berdiri menjadi salah satu Fakultas di Universitas Teuku Umar.

Kemudian, dalam sambutan yang disampaikan oleh Dekan FT UTU, Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM mengatakan bahwa Seminar Internasional AESTI 2023 telah menerima kontribusi besar dari berbagai akademisi dan praktisi dalam bentuk Makalah yang akan dipaparkan. Beliau juga menjelaskan bahwa pembicara akan mencakup seluruh sub-tema di lingkup Fakultas Teknik, yaitu bidang Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknologi Informasir. Pada kesempatan yang lain, Dr. Isyatur Raziah sebagai ketua panitia menyatakan bahwa konferensi internasional ini menjadi tonggak penting dalam keberlanjutan konstribusi yang bisa diberikan dalam dunia pengetahuan, kolaborasi dan pemahaman global.

Seminar internasional yang berlangsung secara hibrid ini telah sukses menghadirkan para pemikir terkemuka dalam bidang inovasi teknologi, ilmu pengetahuan, dan teknik. Acara yang mengumpulkan 23 presenter dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini menjadi ajang penting bagi pertukaran gagasan dan pengetahuan dalam upaya mencari solusi untuk tantangan global yang semakin kompleks.

Salah satu sorotan utama dari seminar ini adalah penemuan dan inovasi terbaru dalam dunia teknologi. Para peneliti dan ilmuwan telah membagikan temuan mereka dalam bidang Internet Of Things (IoT), Green Energy System and Technology, Disaster Risk Reduction, Ship Design, Artificial Intelligence, Robotics and Computer Science, Disaster Risk Reduction, Mechanical Engineering and Automotive Engineering, Waste Management System dan teknologi terapan lainnya. Sebuah presentasi menarik membahas kemajuan dalam penggunaan kecerdasan buatan untuk “Kota Pintar” dengan tujuan mengatasi masalah-masalah kompleks seperti perubahan iklim, kesehatan, dan transportasi.

Selain itu, presentasi menarik lainnya mengenai penekanan risiko bencana tsunami dengan ilmu teknik sipil sebagai aspek yang krusial dalam upaya melindungi wilayah pesisir dari ancaman tsunami yang serius, mengingat Aceh Barat dan sekitarnya merupakan wilayah yang rawan bencana tsunami. Dengan berfokus pada teknik sipil yang canggih dan upaya kolaboratif dengan berbagai bidang ilmu lainnya, diharapkan dapat meminimalkan dampak bencana tsunami, melindungi nyawa manusia, dan memastikan ketahanan wilayah pesisir terhadap ancaman serius ini.

Di akhir acara, turut diumumkan presenter terbaik dalam seminar internasional pertama AESTI ini yang diraih oleh Nabila Phonna dari Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe. Presenter terbaik ini telah tampil luar biasa dalam presentasi mereka, memberikan kontribusi berharga bagi ilmu pengetahuan, dan memberikan inspirasi kepada semua peserta. Dengan pemahaman mendalam dan penjelasan yang jelas, mereka telah membawa pandangan baru yang mengesankan dalam disiplin ilmu masing-masing.

Seminar internasional juga ini menjadi platform penting bagi kolaborasi antarbidang dan antarnegara dalam upaya mengatasi tantangan global dengan inovasi teknologi, ilmu pengetahuan, dan teknik. Dengan semangat berbagi pengetahuan dan berkolaborasi, peserta seminar ini memiliki potensi untuk menciptakan perubahan positif yang signifikan dalam dunia ini. Ke depannya, diharapkan lebih banyak inovasi dan penemuan luar biasa yang akan mendorong kemajuan manusia lebih jauh lagi. (PR)