MEULABOHUTU | Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar lolos pendanaan kegiatan PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) dari Kemdikbudristek. PPK Ormawa HIMATIF menciptakan Start-up Digital Muge sebagai wadah pemberdayaan masyarakat di kawasan komplek perumahan Budha Tzu Chi, Peunaga Baroe, Meureubo, Aceh Barat.

Program tersebut diwujudkan untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dengan upaya peningkatan kesadaran masyarakat sekitar.

Pada Kamis, 13 Juni 2024, tim PPK Ormawa HIMATIF dilepas dan diserahkan ke desa Peunaga Baro. Pelepasan dilakukan oleh Muhammad Agam Thahir, S.Pi., M.Si selaku Fasilitator PPK Ormawa Universitas Teuku Umar bersama Safrida, S.P, M.Si selaku Dosen pendamping. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Dosen Pembimbing Sanusi, S.Pd., M.Kom beserta ketua dan pengurus Ormawa HIMATIF FT – UTU.

Tim PPK Ormawa HIMATIF diketuai oleh Baria Munada dengan anggota sebanyak 15 orang yang mengusung program dengan judul “UPAYA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DESA PEUNAGA BAROE (BUDHA TZU CHI) DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN START-UP DIGITAL MUGE”.

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) merupakan pelaksanaan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan yang dalam pelaksanaannya diharapkan terus mengalami kesehjahteraan, peningkatan, baik jumlah organisasi kemahasiswaan dan perguruan tinggi pengusul.

Oleh karena itu gampong menyambut baik kedatangan PPK Ormawa ini dan Disambut oleh Sekretaris desa (Sekdes) Yang mewakili kepala Desa beserta aparatur Gampong Peunaga Baroe. Kegiatan PPK Ormawa akan dilaksanakan selama 4 bulan, mulai Juni sampai dengan Oktober 2024.

Sanusi, S.Pd., M.Kom selaku dosen pendamping PPK Ormawa HIMATIF FT-UTU dalam kesempatannya mengharapkan Tim PPK Ormawa ini dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di desa peunaga baroe ini guna menjadi desa yang bersih lingkungan.

Dalam hal ini Ridwan Selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATIF) UTU juga menyampaikan harapan untuk kedepan agar hadirnya Tim PPK Ormawa ini dapat membantu Masyarakat untuk menjadikan desa Peunaga Baroe menjadi desa bersih lingkungan.

Kemudian dilanjutkan dengan Bapak Azhar selaku sekretaris desa (Sekdes) desa Peunaga Baroe menyampaikan pihaknya mewakili keuchik beserta dengan aparatur desa Peunaga Baroe dan masyarakat siap dan bersedia menerima adik-adik mahasiswa di desa kami dan juga bersedia untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegaitan yang akan dilaksanakan ke depan. (Humas UTU)