MEULABOHUTU | Pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2023, Program studi Sosiologi FISIP Universitas Teuku Umar telah mengadakan rapat bulanan jurusan sekaligus pemilihan ketua prodi periode 2023 s/d 2026. Acara rapat prodi dimulai pada pukul 14.00 WIB di ruang rapat prodi Sosiologi.

Adapun pemilihan dilakukan karena masa jabatan ketua prodi lama, yang dijabat oleh Sopar, M.Si, akan segera berakhir dalam waktu dekat ini.

Sesuai peraturan akademik, selambat-lambatnya satu bulan sebelum berakhirnya masa tugas, sudah ada pemilihan ketua prodi yang baru. Sesuai dengan statuta, proses pemilihan hanya memilih ketua prodi, sedangkan perangkat prodi lainnya, seperti sekretaris prodi dan ketua laboratorium akan ditentukan oleh ketua prodi terpilih.

Salah satu syarat calon ketua prodi adalah minimal memiliki jabatan fungsional Lektor. Setelah melalui rangkaian proses, rapat akhirnya menetapkan Dr. Akmal Saputra, M.A, sebagai Ketua Prodi Sosiologi terpilih.

Setelah pemilihan acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua jurusan terpilih. Dalam sambutannya, Dr. Akmal Saputra, MA, menghimbau agar staf dosen selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan dan mempertahankan suasana kondisi yang kondusif di lingkungan kampus khususnya di Prodi Sosiologi, serta mengajak secara bersama-sama dalam menyonsong tugas besar, yaitu meningkatkan akreditasi Prodi dari B menuju Unggul.

Dr. Akmal Saputra secara khusus mengucapkan terimakasih kepada Sopar, M.Si atas kepemimpinannya yang selama ini telah membawa prodi Sosiologi pada sejumlah pencapaian terbaik, kita siap untuk melanjutkannya.

“Sebagai ujung tombak kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tentu kita akan melakukan berbagai upaya peningkatan berkelanjutan, diantaranya dengan meningkatkan kolaborasi dosen, penerapan program MBKM dan melanjutkan sejumlah program yang telah dirintis sebelumnya,” pungkas Dr. Akmal.

Turut hadir dalam kegiatan pemilihan ketua prodi, Wakil Dekan I FISIP yang juga dosen senior prodi sosiologi, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, para dosen dan tenaga kependidikan lingkup prodi Sosiologi UTU. (Aduwina Pakeh).