MEULABOH – UTU | Dosen Universitas Teuku Umar, Dr. Ismu Ridha, MA dijadwalkan akan mengisi ceramah peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan oleh BKM Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, pada Kamis (06/04/2023) malam sekitar pukul 20.00 WIB (ba’da Isya).

Hal ini diketahui berdasarkan flayer yang beredar di media sosial dan WA grup di Meulaboh serta setelah dikonfirmasi kepada Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP tersebut.

“Benar, saya dijadwalkan akan mengisi ceramah dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an di Masjid Agung nanti malam,” Kata Dr. Ismu Ridha saat dikonfirmasi tim Humas UTU.

Disinggung tentang tujuan dilaksanakan Nuzul Qur’an, alumnus Yarmuk University, Yordania ini menjelaskan yaitu untuk amaliah bulan Ramadhan dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Selain itu untuk mengenang kembali peristiwa pertama kali turunnya wahyu Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.

“Diharapkan melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, umat muslim agar dapat memaksimalkan berbagai ibadah kepada Allah SWT disisa waktu Ramadhan tahun ini,” harapnya.

Umat Islam harus senantiasa dapat memaknai mukjizat Al Quran sebagai petunjuk umat muslim baik dalam keluarga, masyarakat dan pemerintah.

“Hendaknya kita semua mampu mempelajari Kitab Suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup dan pendorong semangat dalam meningkatkan kinerja, serta kepedulian terhadap lingkungan“, pesan Dr. Ismu Ridha. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).