MEULABOHUTU | Pada Rabu, 21 Juni 2023, sejumlah dosen program studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar menyelenggarakan kegiatan edukasi dan diskusi terkait penanganan dan penyembelihan hewan qurban di Gampong Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Adapun para dosen tersebut adalah Hasanuddin Husin, SP., M.Sc sebagai narasumber utama didampingi Suci Rahmi S.TP.,M.Si, Sri Maryati, S.TP.,M.Si, Nafisah Eka Puteri, S.TP.,M.Si, dan M.Irfan Febriansyah, S.TP.,M.Si, serta diikuti sejumlah mahasiswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan sebagai upaya pemenuhan kewajiban Tri Dharma.

Kegiatan dibuka oleh Keuchik Gampong Suak Ribee, Bapak Khairuddin, SP yang berlangsung di Balai Desa Gampong Suak Ribee dan dihadiri oleh aparatur gampong, panitia kurban dan kader PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) serta unsur lainnya. Antusias masyarakat tampak dari aktifnya diskusi dan berbagai pertanyaan yang diberikan.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan memanfaatkan momen Idul Adha yang akan datang. Dalam kegiatan ini, disampaikan kiat penanganan hewan qurban sebelum penyembelihan (pemilihan, pengangkutan, pemeliharaan), saat penyembelihan (persiapan lokasi, alat, tim jagal), dan saat setelah penyembelihan.

Teknik merobohkan dan menyembelih hewan pun turut disampaikan agar hewan sembelihan tidak mengalami stres. Tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat teredukasi dalam menyembelih hewan, sehingga dihasilkan daging sembelihan yang halal, bersih, bergizi, serta aman dikonsumsi. (Humas UTU).