MEULABOHUTU | Pada Tanggal 06 Agustus 2024, 5 orang dosen Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar, ditunjuk menjadi dewan juri pada Pameran Inovasi Eureka Internasional (I-Eie’24) Dan Made In UniKL (Miu’24)) bertempat Universiti Kuala Lumpur, Malaysian Spanish Institute (UniKL MSI), Kulim Hi-Tech Park, Kulim, Kedah Darul Aman.

Melalui surat resminya nomor:  UniKL/R&I/EUREKA2024/J28, tertanggal 17 Juli 2024, yang ditandatangani oleh Ir. TS. Dr. Tajul Adli Bin Abdul Razak selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan menunjuk 5 orang dosen Fakultas Teknik UTU yakni: Dr. Ir. Irwansyah ST., M.Eng., IPM, Dr. Joli Supardi, Dr. Irfan, Dr. Astiah Amir dan Dr. Pribadyo, ST., MT, yang memiliki kompetensi dalam bidang inovasi teknologi yang melibatkan aktifitas fisik.

International EUREKA Innovation Exhibition Event 2024 (i-EIE 2024) merupakan kompetisi inovasi bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh Universiti Kuala Lumpur Malaysian Spanish Institute (UniKL MSI). Sebagai penghubung antara lembaga pendidikan tinggi dan industri, acara ini memfasilitasi pertukaran produk komersial dan konsep kreatif.

Selama tujuh tahun terakhir, kompetisi ini telah menarik partisipasi yang antusias dari sektor pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Kompetisi ini juga menarik peserta dari dalam dan luar negeri, termasuk Indonesia, India, dan Brunei.

Dalam pelaksanaanya panel juri yang dilantik akan membuat penilaian terhadap hasil produk/projek sewaktu pembentangan secara bersemuka dan sesi soal jawab dengan menilai dalam beberapa aspek seperti berikut: 3.3.1. Keaslian produk/projek inovasi 3.3.2. Kebolehgunaan produk/projek inovasi 3.3.3. Kebolehpasaran produk/projek inovasi 3.3.4. Kreativiti dan daya tarikan 3.3.5. Mesra alam 3.3.6. Kemahiran Pembentangan.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng yang juga salah satu juri pada kegiatan dimaksud, menyampaikan terimakasihnya atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak UniKL melalui penunjukan juri pada International Eureka Innovation Exhibition (I-Eie’24) Dan Made In UniKL (MiU’24).

“ini adalah salah satu bentuk nyata komitmen kerjasama Internasional yang telah disepakati antara UniKL dan UTU dari serangkaian pelaksanaan kerjasama lainnya,” kata Dr. Irwansyah

Sebelumnya Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar merealisasikan kerjasama melalui International Guest Lecture bertema ‘Positive Effect if Technology on Teaching and Student Learning’, dengan menghadirkan Ts. Dr. Mohammad Norzaimi Che Ani dan Ms. Siti Nabilah binti Ahmad Sanusi dari University Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia sebagai keynote speaker.

Bentuk kerjasama lain adalah peningkatan bahasa inggris bagi mahasiswa UTU bersama perwakilan dosen Universiti Kuala Lumpur (UniKL) melalui program English Short Course on Teaching and Student Learning yang disepakati dalam diskusi bersama antara dosen bahasa Inggris UniKL dengan forum dosen pengampu MK bahasa Inggris Universitas Teuku Umar, pada Rabu (23/8/2023), yang lalu imbuh Irwansyah.

Dikonfirmasi terpisah Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si, memberikan apresiasi dan rasa bangga karena dosen-dosen UTU mendapatkan kepercayaan penuh menjadi juri pada pada Pameran Inovasi Eureka Internasional (I-Eie’24) Dan Made In UniKL (Miu’24)) kegiatan yang bersifat Internasional.

“Ini adalah langkah maju atas implementasi pencapaian kerjasama yang dilakukan antara UTU dan UniKL,” kata Prof Ishak Hasan

Disisi lain Prof Ishak berharap kegiatan di tingkat Internasional terus tercipta dimasa datang untuk keunggulan Universitas Teuku Umar secara Internasional seperti yang dicitakan bersama, tutup rektor UTU (Humas UTU).