MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar kembali berhasil menorehkan prestasi membanggakan ditingkat Nasional. Kali ini tim mahasiswa UTU berhasil meraih dua juara di ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Awards XIV tahun 2023. Prestasi tersebut yaitu juara harapan I sebagai Stand Terbaik dan Juara Harapan II untuk kategori jasa dan perdagangan.

Kegiatan KMI Expo XIV 2023 merupakan ajang kompetisi antar mahasiswa yang berwirausaha dan yang telah lolos pendanaan dari Pogram Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

KMI Expo merupakan pagelaran produk dan usaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mempromosikan produknya dan sebagai salah satu wadah untuk membangun jejaring. KMI Award 2023 mengangkat Tema Entrepreneurs in disruption era: adaptation, innovation and collaboration.

Ajang tahunan ini dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Bali dari Rabu-Jumat, 15-17 November 2023. Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T.

Dalam ajang KMI Award 2023 ini, UTU mengutus dua tim yaitu tim mahasiswa dari prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat atas nama Yusril Mizan, Ahmadi Bancin dan Candra Muliadi dengan Dosen pendamping Yarmaliza, SKM., M.Si. Satu tim lainnya dari Fakultas Pertanian dibawah bimbingan Maulidil Fajri, SP,. M.Si dengan anggota tim Sariana, Dima Fazira dan Dimas Febriansyah Pawid Tandra.

Dalam ajang KMI tersebut, 298 Perguruan Tinggi yang hadir secara langsung di Undiksha menampilkan berbagai produk dan kreatifitas yang di hasilkan mahasiswa. Saat pengumuman lomba stand terbaik, Universitas Teuku Umar berhasil meraih juara Harapan 1 stand terbaik dan juara harapan II untuk kategori jasa dan perdagangan.

“Alhamdulillah ya Allah bisa mengharumkan nama UTU di kancah nasional di ajang KMI Award. Kami tidak menyangka bisa meraih juara sebagai stand terbaik, sekaligus juara untuk kategori jasa dan perdagangan,” Ujar Yusril Mizan yang hadir langsung menerima penghargaan.

Adapun karya yang menghantarkan mahasiswa Universitas Teuku Umar meraih dua juara di tingkat nasional KMI Award ini, yaitu usaha jasa pencucian helm yang diberi nama program “Solmed Station Helm Wash”

Yusril kepada Humas UTU, Sabtu (18/11/2023), menyampaikan, keberhasilan timnya meraih Juara di dua kategori pada kompetisi KMI Award 2023 diakuinya tidak terlepas dari peran dan dukungan semua pihak seperti dosen pendamping, bagian kemahasiswa dan dukungan pimpinan  kampus.

Tahun 2023, tim UTU lolos 8 kelompok usaha untuk program P2MW dari seluruh kategori usaha. Selanjutnya dilakukan seleksi internal PT sebanyak 2 kelompok usaha dari masing – masing kategori yang berhak mengikuti seleksi di tingkat nasional dan berhak mengikuti KMI Award.

Adapun juara Stand terbaik adalah sebagai berikut, Juara 1 Universitas Pendidikan Ganesha, Juara 2 Universitas Muhammadiyah Bone, Juara 3 Universitas Syiah Kuala dan Juara Harapan 2 Institut Seni Indonesia Jogjakarta.

Sementara untuk juara kategori jasa dan perdagangan yaitu Universitas Muslim Indonesia (Juara 1), Universitas Khatolik Parahyangan (Juara 2) Universitas OSO (Juara 3), dan Universitas Sam Ratulangi (Juara Harapan 1)

Dosen pendamping Yarmaliza, SKM., M.Si kepada Humas UTU menyebutkan prestasi yang diraih oleh adik-adik mahasiswa merupakan suatu kebanggaan bagi UTU sebagai stand terbaik dengan komponen penilaiannya selain penampilan stand juga kreatifitas produk yang ditampilkan, variasi produk, serta kreatifitas dalam menarik pengunjung.

Dijelaskan Yarmaliza, KMI Expo ini bertujuan untuk mengelorakan semangat kewirausahaan melalui kompetisi bisnis dari berbagai program kewirausahaan yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi.

“KMI Expo juga bertujuan untuk menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia,” kata Yarmaliza

Dihubungi terpisah, Rektor UTU Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si secara khusus mengucapkan selamat kepada tim mahasiswa UTU yang berhasil meraih juara diajang yang bergengsi ini.

“Terima kasih kepada seluruh kelompok wirausaha yang berpartisipasi dalam rangkaian Kegiatan KMI Expo dan KMI Awards, dan secara khusus selamat kepada tim yang telah berhasil meraih Juara” kata Rektor

Melalui ajang seperti ini, kami harapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UTU lainnya untuk terus berprestasi di kancah Nasional khususnya dalam berwirausaha.” pungkas Rektor (Aduwina Pakeh / Humas UTU)