MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar kini berusia 17 tahun. Dalam memeriahkan hari jadi kampus yang menabalkan nama Pahlawan Nasional Teuku Umar ini, diselenggarakan acara Dies natalis UTU Ke-17 yang dilaksanakan pada Kamis (09/11/2023) yang berlangsung di Auditorium Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Alue Penyareng.

Puncak acara dies natalis UTU diwarnai berbagai rangkaian acar, diantaranya Kuliah Umum yang disampaikan oleh Dies Reader Prof. Datuk Ir. Ts. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail, Naib Cancelor Univerdity Teknologi Malaysia (UTM), juga ada pembacaan puisi oleh sang penyair andalan UTU, Sir Handayani, S.P., M.Si salah seorang dosen Fakultas Pertanian.

Salah satu acara lainnya yang menarik dan dinanti-nantikan  oleh para dosen dan tenaga kependidikan Universitas Teuku Umar yaitu penghargaan kepada para dosen dan tendik terbaik tahun 2023. Para dosen dan tendik telah melewati beberapa tahap seleksi termasuk presentasi karya tulis dan lain-lain.

Wakil Rektor II Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd yang tampil membacakan para pemenang seleksi dosen dan tendik terbaik tahun 2023 sebelumnya  menyebutkan diusia ke-17 tahun Universitas Teuku Umar telah banyak mengalami kemajuan akademik maupun non akademik. Dan, kemajuan itu menjadi momentum bagi kita memasuki tahun 2024 mendatang menuju satu dekade UTU sebagai Perguruan Tinggi Negeri.

“Adapun peran Dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa telah mengukir berbagai prestasi yang membawa UTU ke pintu gerbang kemajuan itu, Rektor beserta segenap pimpinan memberikan apresiasi dengan memberi rewards atau penghargaan,” kata Prof Nyak Amir

Kemudian Prof Nyak Amir membacakan satu persatu nama dosen dan tekdik berprestasi. Adapun pemenang untuk dosen berprestasi sebagai berikut:
Juara 1 : Firman Parlindungan, S.Pd., M.Pd., Ph.D (Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP) dengan hadiah sebesar Rp. 5.000.000,
Juara II : Herdi Susanto, ST., MT (Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik) dengan hadiah sebesar Rp. 4.000.000,
Juara III : Fitriani, SKM., M.Kes (Prodi Kesmas, FKM) dengan hadiah sebesar Rp. 3.000.000,
Juara Harapan 1 : Rahmat Pramulya, S.Tp., M.M (Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian) dengan hadiah sebesar Rp. 2.000.000
Juara Harapan II : Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes (Prodi K3, FKM), dengan hadiah sebesar Rp. 1.500.000, dan
Juara Harapan III : Dr. Vellayati Hajad, M.A (Prodi Ilmu Administrasi Negara, FISIP) dengan hadiah sebesar Rp. 1.000.000.

Sementara untuk kategori tenaga kependidikan masing-masing juara diganjar dengan uang pembinaan sebanyak 3.000.000 perorang, adapun para pemenangnya adalah
1. Arsipasi terbaik diraih oleh Arif Fadhlian, S.HI dari unit kerja Biro AKPK
2. Pranata Laboratorim Pendidikan diraih oleh Jelliani, S.P., M.Si dari unit kerja Fakultas Pertanian.
3. Pengelola keuangan terbaik diraih oleh Erna Safitri, SE dari unit Kerja Biro Umum dan Keuangan
4. Pengelola akademik terbaik diraih Ainuddin, S.Kom dari unit kerja Biro AKPK (Aduwina Pakeh/Humas UTU).