MEULABOHUTU  | Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM dan Ketua Jurusan Teknik Mesin Dr. Pribadyo, S.T., M.T Universitas Teuku Umar, Aceh, mengikuti Musyawarah Anggota Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia ke-21 yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta, Bandung, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 146 anggota BKS-TM dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Musyawarah anggota BKS-TM merupakan forum tahunan untuk membahas berbagai hal terkait pengembangan program studi teknik mesin di Indonesia. Musyawarah kali ini mengangkat tema kegiatan: “Improving  Mechanical Engineering Human Resources And Technology Capabilities For Facing The Challenge Of Industry 4.0”

Dalam musyawarah tersebut, Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Dr. Irwansyah, menyampaikan bahwa Universitas Teuku Umar berkomitmen untuk meningkatkan kualitas program studi teknik mesin.

“Kami berharap dengan mengikuti musyawarah anggota BKS-TM ini, kami dapat mendapatkan berbagai masukan dan informasi untuk meningkatkan kualitas program studi teknik mesin di Universitas Teuku Umar,” kata Dr. Irwansyah.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Mesin Universitas Teuku Umar, Dr. Pribadyo, mengatakan bahwa musyawarah anggota BKS-TM merupakan kesempatan yang baik untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan perguruan tinggi lainnya.

“Kami berharap dengan mengikuti musyawarah anggota BKS-TM ini, kami dapat menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan kualitas program studi teknik mesin di Indonesia,” kata Dr. Pribadyo.

Pada musyawarah tersebut, ditetapkan sebanyak 10 anggota baru, sementara Universitas Teuku Umar telah menjadi anggota tetap BKS-TM sejak 2017, dimana Keanggotaan ini merupakan pengakuan atas kualitas program studi teknik mesin di Universitas Teuku Umar.

Selain membahas pengembangan program studi teknik mesin, musyawarah anggota BKS-TM juga membahas evaluasi dan perencanaan kegiatan organisasi selanjutnya. Untuk tahun 2024 mendatang musyawarah BKS-TM akan diselenggarakan di Ternate dimana Universitas Khairan menjadi tuan rumahnya. (Humas UTU).