MEULABOH – UTU | Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar, Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.P.H memimpin pelaksanaan Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Teuku Umar tahun 2024 di Kabupaten Aceh Singkil.

Kegiatan tersebut diikuti 152 peserta yang terdiri dari 24 orang kepala sekolah, 144 perwakilan siswa dan 24 orang operator sekolah. Kegiatan yang turut dihadiri pengawas sekolah tersebut berlangsung di aula SMAN 1 Gunung Meriah, Selasa (23/01/2024).

Dalam menyukseskan kegiatan sosialisasi dan promosi ini, Dr. T. Alamsyah turut didampingi Ligar Abdillah, M.Si (Dosen FISIP), staf akademik Biro AKPK Irwandi, S.Sos.I dan staf akademik Fakultas Ekonomi, Hanafi Asnan, SE.

Dr. T. Alamsyah dalam paparannya menyebutkan sosialisasi ini bukan hanya mengenalkan kepada sekolah tentang pelaksanaan kegiatan penerimaan mahasiswa baru, namun juga menjelaskan tentang tahapan teknisnya yang telah banyak perubahan dibandingkan proses seleksi tahun-tahun sebelumnya.

UTU merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang memiliki progres kemajuan yang sangat signifikan, hal ini dapat dilihat dari pembangunan insfrastruktur, pengembangan sumber daya dosen, fasilitas yang memadai dan tentunya prestasi yang cukup membanggakan.

“Saat ini, UTU memiliki 6 fakultas dengan 27 program studi (23 prodi jenjang Strata Satu dan 4 Prodi jenjang Strata Dua). Sementara jumlah mahasiswa aktif kurang lebih 8,333 mahasiswa berdasarkan data per 31 Desember 2023 dengan memiliki tenaga Pengajar sebanyak 432 orang dengan kualitas pendidikan lulusan dalam dan luar negeri, serta tenaga kependidikan sebanyak 295 orang,” jelas Dr. T. Alamsyah

Lanjutnya, Universitas Teuku Umar akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, antara lain Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK – SNBT) dan Seleksi Mandiri yang dilaksanakan setelah SNBT.

Sementara itu Ligar Abdillah dalam kesempatannya menjelaskan UTU pada tahun 2024 ini memiliki daya tampung sebanyak 2400 kursi dengan kuota untuk calon mahasiswa baru jalur SNBP minimal 40%, SNBT minimal 50% dan jalur Mandiri 10%.

Selain itu juga, para calon mahasiswa yang ingin mendaftar Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dapat langsung menuju laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. “para siswa pun diharapkan memiliki semangat juang yang tinggi sehingga dapat lolos seleksi SNBP maupun di jalur SNBT,” harap Ligar

Sebelumnya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh, Aceh Singkil yang diwakili Baihaqi, S.Sos.I dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada tim sospro UTU yang secara konsisten setiap tahunnya melaksanakan sosialisasi ke Sekolah – sekolah di Aceh Singkil, sehingga terjadi peningkatan jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, khususnya ke Universitas Teuku Umar.

“UTU secara kontinyu membangun komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, terutama dengan Cabang dinas pendidikan Aceh wilayah Aceh Singkil/Subulussalam dalam upaya peningkatan sumber daya manusia simeulue,” lanjutnya.

Kami pun berharap anak-anak Aceh Singkil dapat menjadi agen informasi yang dapat menyampaikan informasi ini kepada teman-teman lainnya, pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).