MEULABOHUTU | Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Antar mahasiswa se Universitas Teuku Umar yang berlangsung di Aula utama, lantai II, Kampus UTU, Kamis (19/10/2023).

Perlombaan pidato tersebut  bertetapatan dengan momentum maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema  “Meneladani Akhlak Rasullulah SAW Dalam Menegakkan Syariat Islam”.

”Ada tiga tujuan dari kegiatan ini yaitu menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teladan Rasulullah SAWA dalam menegakkan syariat Islam di muka bumi, mengasah kemampuan generasi muda dalam berpidato, dan menjaga serta mengembangkan potensi muda,” kata Ketua HMTS, Ariq Al-Razan.

Lanjutnya, melalui Departemen Agama HMTS-UTU kita terus menjadi wadah yang berperan dalam peningkatan kualitas mahasiswa UTU tentunya dalam perlombaan ini para peserta dapat meningkatkan jiwa kompetitif dan juga mengasah softskill public speaking sehingga harapannya dapat menjadi generasi yang mampu berkomunikasi dengan baik di masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Prodi Teknik Sipil UTU, Ir. Andrisman Satria, S.T., M.Eng, dewan juri  Muhibbul Subhi, M.Ag.,M.A dan M.Nasir,S.Pd.I.,M.A yang merupakan dosen MKU Agama Islam Universitas Teuku Umar.

Kepala Dapartemen Agama HMTS-UTU, Rifan Muliadi menjelaskan bahwa perlombaan ini merupakan program kerja dari dapartemen agama HMTS-UTU, yang dimana program ini merupakan perlombaan pidato perdana di Universitas Teuku Umar.

Menurut Rifan ada lima aspek yang dinilai juri pada lomba ini, yaitu kesesuaian tema, akurasi waktu, gestur, mimik dan improfisasi, artikulasi/vokal dan intonasi, bahasa yang baik sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

Semmentara Ketua Panitia perlombaan Adam Kaisar menjelaskan perlombaan pidato ini dirancang untuk mendorong peserta agar menggali lebih dalam tentang ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari.

“Pidato dapat mencakup berbagai aspek, seperti kehidupan pribadi Nabi Muhammad SAW, ajaran agama Islam, pengaruhnya dalam sejarah, dan dampaknya pada masyarakat,” Kata Adam yang turut didampingi Sekretaris Panitia Saspa Murdiha dan bendahara Abelia Husna

Adam menambahkan bahwa pada perlombaan tersebut diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari beberapa program studi yang berbeda. Adapun hasil dari perlombaan Pidato Se-Universitas Teuku Umar Adalah Sebagai Berikut :
Juara 1 : Sendi Amesti Trianda
Juara 2 : Nurul Hidayah
Juara 3 : Nur Izzah Ulya