MEULABOHUTU | Pusat Karir dan Tracer Study Universitas Teuku Umar mulai 1 – 30 Agustus 2023 melaksanakan Tracer Study untuk menemukan informasi dinamika dan transisi dunia kerja bagi para alumni.

Tracer Study UTU di tahun 2023 ini memiliki target untuk melacak lulusan dalam jangka waktu tiga tahun kebelakang.

Koordinator Pusat Karir dan Tracer Study, Saiful Amri, S.I.Kom., M.I.Kom mengatakanTracer Study adalah survei kepada alumni yang dilaksanakan oleh Universitas Teuku Umar untuk menggali informasi berkaitan dengan perjalanan lulusan di dunia kerja. Alasan lainnya adalah kebutuhan institusi untuk memperoleh informasi, kebijakan atau permintaan dari pemerintah ataupun swasta.

Sasaran studi adalah lulusan atau alumni baik yang sudah bekerja pada suatu instansi atau wirausaha maupun lulusan yang belum bekerja dengan perhitungan kohort yaitu 3 (tiga) tahun setelah lulus.

Kegiatan tracer study ini sangat penting untuk mengetahui keberhasilan lulusan dalam menyerap ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh selama kuliah. Selain itu, tracer study juga dapat memberikan gambaran mengenai kesiapan lulusan dalam menghadapi dunia kerja.

“Hasil dari tracer study ini nantinya akan dijadikan sebagai salah satu indikator pemeringkatan perguruan tinggi. Peringkat UTU salah satunya dapat dilihat dari kualitas lulusannya dari hasil tracer study ini,” jelasnya

Setiap tahunnya UTU melaporkan hasil kinerjanya melalui pelaporan Indikator Kinerja Utama (IKU) kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK. Tracer study menjadi masukan untuk Iku poin 1 yang berbunyi Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak.

“Kami berharap lulusan UTU dapat terus mensukseskan kegiatan tracer study ini karena semua upaya ini adalah demi kemajuan UTU,” kata Saiful Amri

Tracer Study dilakukan sebagai bentuk evaluasi atas kualitas pendidikan yang telah diberikan oleh UTU kepada para mahasiswanya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meminta masukan dan umpan balik dari para alumni sebagai salah satu dasar evaluasi kurikulum di setiap program studi dan peningkatan pelayanan UTU secara umum.

Diharapkan hasil dari kegiatan tracer study ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Universitas Teuku Umar dan para lulusannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan karir.

Alumni dapat mensukseskan kegiatan Tracer Study UTU 2023 dengan mengisi kuesioner tracer study di https://bit.ly/utu2023 bagi alumni 2020, 2021 dan 2022. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).