MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) memiliki cara yang unik dalam penyambutan tamu, yaitu dengan menyambutnya di pintu gerbang kampus, termasuk saat menyambut ribuan mahasiswa baru yang mengikuti Silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) Tahun 2023.

Pada Senin (14/8/2023) Sekira pukul 07.45 WIB, Rektor didampingi para Wakil Rektor, Dekan, Ketua LPPM-PMP dan sejumlah unsur pimpinan lainnya menyambut 1,588 mahasiswa baru di pintu gerbang Kampus UTU. Tradisi ini sudah mulai diberlakukan sejak tahun 2015 lalu, terhenti sejenak akibat Covid-19 yang melanda pada tahun 2020-2021 dan dilanjutkan kembali pada tahun 2022 lalu.

Banyak sekali nilai filosofi dari tradisi penyambutan mahasiswa baru di pintu Gerbang Kampus, selain memuliakan tamu, pada kesempatan tersebut Rektor dapat secara langsung mengenalkan historis, tradisi, budaya, nilai dan norma di kampus UTU.

Dihadapan ribuan mahasiswa, Rektor Universitas Teuku Umar Dr. Ishak Hasan, M.Si mengucapkan selamat datang dan mengharapkan kepada mahasiswa agar memiliki semangat perjuangan Teuku Umar di dalam diri mahasiswa, terutama dalam hal semangat berwirausaha (Spirit Enterpreurship).

Kampus UTU mendidik mahasiswa untuk memiliki semangat dan pengetahuan untuk mengembangkan usahanya masing-masing ketika lulus nantinya. Sesuai dengan Visi Misi Universitas Teuku Umar yakni menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam hal agro and marine industry atau industri berbasis pertanian dan industry berbasis kelautan perikanan.

“Untuk anak-anakku para mahasiswa, lanjutkan prestasi yang anda sudah ukir selama ini, oleh karena itu ruang yang kita berikan semakin terbuka lebar. Anda bisa melahirkan talenta-talenta baru, bukan tidak mungkin menjadi sesuatu, anda itu pemungkin, yang tidak mungkin bisa anda jadikan terjadi karena kita beri ruang,” ujar Dr. Ishak Hasan

Dalam prosesi penyambutan, Rektor secara sembolis menyirami mahasiswaa baru dari air guci sebagai pertanda untuk menyucikan hati dan pikiran sebelum memasuki kampus yang diberi nama pahlawan nasional tersebut.

Selain itu juga dilakukan peusijuk sebagai tradisi aceh dalam penyambutan tamu.

“Sebagaimana kokohnya pintu gerbang utama menuju kampus UTU, diharapkan begitu pula kokohnya semangat juang yang tertanam dalam diri para mahasiswa baru yang akan menuntut ilmu di UTU, berjuanglah sungguh-sungguh di Universitas Teuku Umar,” kata Rektor Ishak Hasan

Diakhir sesi, Rektor bersama unsur pimpinan lainnya beserta seluruh mahasiswa baru Universitas Teuku Umar angkatan 2023 berangkat bersama-sama berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju tempat digelarnya kegiatan silaturrahmi yaitu di Auditorium Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU. Sejuknya suasana pagi yang sedikit gerimis menambah keakraban antara Rektor serta pimpinan lainnya dengan para mahasiswa baru Universitas Teuku Umar. (Aduwina Pakeh /Humas UTU).