MEULABOH, UTU – Dalam satu dekade terakhir, Universitas Teuku Umar telah sukses melaksanakan kegiatan UTU Awards secara berturut-turut. Pada tahun 2024 ini, UTU kembali melaksanakan kegiatan perlombaan 10th UTU Awards dengan skala internasional, dimana mahasiswa dengan jenjang pendidikan Strata-I (S1), D-IV dan D-III dari seluruh dunia, diperkenankan untuk mengikuti kegiatan perlombaan ini.

Pada tahun 2023 lalu, Universitas Teuku Umar berhasil keluar sebagai juara umum pada penyelenggaraan UTU Award ke-9. Mahasiswa UTU berhasil unggul dari Universitas Brawijaya selaku juara bertahan yang harus puas sebagai Juara II The 9th UTU Awards. Bagi Universitas Teuku Umar, capaian tersebut menyamai prestasi tahun 2020 lalu yang juga berhasil keluar sebagai Juara Umum the 6th UTU Awards.

UTU meraih juara umum setelah mampu merebut 3 juara dari 4 kategori perlombaan, yaitu dua juara 1 untuk masing-masing kategori riset kewirausahaan dan kategori toko online, serta juara 3 untuk kategori Produk Inovatif.

Pada Ajang the 10th UTU Awards tahun 2024, ada penambahan kategori perlombaan yaitu Bisnis Startup sehingga menjadi 5 kategori perlombaan. Dengan bertambahnya kategori perlombaan juga diikuti dengan penambahan hadiah dengan total 285 juta dari sebelumnya sebanyak 229,5 Juta.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si mengatakan bahwa, kegiatan UTU Awards adalah serangkaian perlombaan tahunan yang konsisten diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar sebagai salah satu wujud rasa tanggung jawab dalam menciptakan dan meningkatkan jumlah wirausahawan muda Indonesia sesuai dengan tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Perguruan Tinggi.

Prof. Ishak Hasan menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan 10th UTU Awards ini diharapkan dapat menjadi starting point bagi mahasiswa dalam menggali ide-ide kreatif mahasiswa melalui proyek, desain, dan produk dari berbagai latar belakang disiplin ilmu, terutama pada bidang Agro & Marine Industry. Ia menambahkan bahwa, kategori perlombaan yang diadakan adalah, Karya Inovatif berbasis Kewirausahaan, Produk Inovatif Berbasis Agro- and Marine Industry, Perencanaan Bisnis, Desain Toko Online dan Bisnis Startup

Rektor Prof Ishak Hasan juga menambahkan bahwa untuk Juara Umum 10th UTU Awards nanti akan diberikan Piala Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI) dan panitia juga sudah menyiapkan total hadiah sebesar 285 juta rupiah sebagai dana pembinaan yang akan diberikan kepada para juara 10th UTU Awards.

Sementara itu Dr. Maria V. Irene Herdjiono, M.Si, Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam sambutannya pada acara Launching the 10th UTU Awards 2024 pada Kamis (28/3/2024) lalu menyampaikan optimisme terhadap peran kegiatan ini dalam memupuk semangat kompetisi dan kreativitas.

Selanjutnya Dr. Irene mendorong kepada seluruh mahasiswa di Indonesia agar turut serta dalam kegiatan ini agar tingkat kreativitas mahasiswa terus tumbuh dan semoga melalui setiap karya yang dihasilkan ini akan memberikan kontribusi kepada negara. Akhir sambutan, beliau secara resmi membuka program UTU Awards ke-10 tahun 2024.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator Panitia Pelaksana kegiatan 10th UTU Awards Dr. Munandar, S.Kel., M.Sc mengatakan bahwa dari masing-masing kategori tersebut nanti sebanyak 10 nominator terbaik akan diundang ke Kampus UTU untuk mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi top di Indonesia dan Malaysia, seperti dari Universitas Indonesia, University Malaysia Terengganu, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, IPB University, Universitas Podomoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dari Dikti Kemendikbudristek, serta dari Universitas Teuku Umar.

Lebih lanjut ia menambahkan, tujuan dihadirkan dewan juri dari berbagai universitas dan kementerian serta lembaga ialah untuk menghasilkan proses penjurian yang kredibel dan independen sehingga diharapkan dapat menghasilkan karya terbaik agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Jadwal Penting Tahapan 10th UTU Awards
Pendaftaran : 1 April – 2 Juli 2024
Online Desk Evaluation : 1 – 10 Agustus 2024
Pengumuman 10 Nominator : 12 Agustus 2024
Penjurian (Presentasi Nominator) : 2 – 4 September 2024
Malam Anugerah 10th UTU Awards : dalam konfirmasi
Untuk mengetahui tahapan pelaksanaan 10th UTU Awards dan informasi selengkapnya dapat mengakses www.awards.utu.ac.id atau menghubungi saudara Khairul Samuki, M.Si (+62 852 7641 1361) dan Saudara Muhammad Idris, S.Pd., M.Pd (0812 6511 0050). (Aduwina Pakeh / Humas UTU).