MEULABOHUTU | Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (BEM FKM UTU) melaksanakan pelatihan Program Pengambangan Potensi Mahasiswa demi meningkatkan prestasi para mahasiswa/i dengan tema “Empowering Future Leaders: Pengembangan Keterampilan Mahasiswa FKM Menjadi Mahasiswa Kritis, Produktif, dan Kreatif di Era 5.0

Tujuan dengan di adakan kegiatan ini untuk mendukung serta mengoptimalkan potensi mahasiswa/i Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar melalui pelatihan dan bimbingan diantaranya pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Bussines Plan, Debat dan pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan setiap pekan selama 1 bulan. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 20 Mei 2024 hingga 09 Juni 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan FKM yang diwakili Wakil Dekan I Safrizal, S.KM., M.Kes. Dalam sambutannya Wadek 1 memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.  “Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang di gelar oleh BEM FKM UTU, maka diharapkan kegiatan ini terus dikembangkan dan dilanjutkan pada tahun berikutnya”- ujar Safrizal

Ketua BEM FKM M.Qadri Al Qifar mengatakan kegiatan tersebut diadakan karena melihat adanya potensi dari para mahasiswa/i yang memiliki minat untuk meningkatkan prestasi namun terkendala dalam keterbatasan kemampuan dan pengetahuan sehingga kegiatan ini di cetuskan sebagai solusi dan wadah untuk mahasiswa/i.

“Kita harapkan dapat menjadi wadah berkreasi dan produktif sehingga dapat menjadi mahasiswa/i FKM yang Unggul dan mampu bersaingn dalam ajang Nasional dan Internasional serta kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan BEM FKM UTU”- ujar M. Qadri

Dalam laporan kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana Novita Sari menyampaikan dalam kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa adanya biaya registrasi dengan tujuan penuh pemberdayaan mahasiswa/i FKM UTU, Narasumber yang dihadirkan berjumlah 4 orang sesuai dengan kategori seminar dan pelatihan, adapun partisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 78 peserta seminar dan 50 peserta pelatihan, sumber dana pada kegiatan ini berasal dari DIPA Ormawa BEM FKM UTU dengan output karya pada masing-masing bidang” Ujarnya.

Dalam pelaksanaan pelatihan Program Pengembangan Potensi Mahasiswa (P3M) ini mengundang Narasumber yang memiliki keahlian pada masing-masing bidang, diantaranya Pendampingan penulisan Karya Tulis Ilmiah didampingi Oleh Dr. Kiswanto, S.Pd., M.Si, pada pendampingan Bussines Plan didampingi oleh Dr. Wintah, S.Pd., M.Si, pada pelatihan Debat di dampingi oleh Rismawati,M.Pd serta pada pembelajaran Bahasa Inggris didampingi oleh Ana Elvia Jakfar, S.Pd., M.Ed.

Setelah pelaksanaan Program pengembangan potensi mahasiswa ini BEM FKM UTU juga menginisiasi diantaranya memberikan Golden Ticket pada para peserta yang memiliki nilai tertinggi dalam karya terbaik untuk mengikuti ajang perlombaan Nasional dan Internasional. (Humas UTU).