MEULABOHUTU | Kepala Pusat Riset Kebijakan Publik-BRIN, Yanuar Farida Wismayanti, Ph.D. mengisi acara Teuku Umar Inspiring Talk: Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Dinamis Di Era VUCA di Universitas Teuku Umar sebagai Pemateri IIbyang dihadirkan oleh Panitia setelah Kepala LAN RI sebagai Pemateri I. Turut membersamainya yaitu Dr. Suprapedi, M.Eng.Sc. yang merupakan Peneliti Ahli Utama-BRIN yang juga mengisi pos Pemateri III di acara tersebut.

Usai mengisi kuliah umum di Aula GKT UTU, BRIN dan Universitas Teuku Umar yang prakarsai oleh Prodi Ilmu Administrasi Negara duduk bersama mendiskusikan rencana Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang akan dijalankan oleh kedua belah pihak. Diskusi dan saling tukar informasi beserta pengalaman diantara keduanya menjadi pembuka awal dalam agenda tersebut.

Rektor Univeritas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si yang membuka pembicaraan di awal sesi berharap momentum ini bisa dimanfaatkan bersama untuk menjalin kerjasama yang dapat bermanfaat terhadap UTU dan juga BRIN, “Ini saya kira momentum yang tepat untuk membangun hubungan dan kerjasama dengan BRIN karena mereka sudah berada disini, jangan disia-siakan!” pungkas Rektor.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Pusat Riset Kebijakan Publik – BRIN bahwa kolaborasi UTU dan BRIN harus dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, “Sinergi yang kita bangun ini saya harap bisa berkelanjutan, dan gerbang kolaborasi ini bisa di awali melalui FISIP Universitas Teuku Umar”, ungkap Ibu Kapus Riset Kebijakan Publik.

Memasuki pada substansi Perjanjian Kerjasama, diskusi alot diantara UTU dan BRIN menghiasi Ruang Rapat Utama. Saling memberikan pandangan dan tujuan yang hendak dicapai termaktub dalam draft PKS yang ditampilkan di dalam diskusi sehingga penyamaan persepsi substansi dari PKS ini bisa dicapai dengan bijaksana.

Acara yang berlangsung dari selama 3 (tiga) jam ini juga turut dihadiri oleh Kepala LPPM-PMP dan beberapa dekan lainnya di lingkup Universitas Teuku Umar. Mereka berharap kolaborasi kerjasama yang sudah dicapai antara FISIP UTU dengan BRIN bisa melebar ke Fakultas lainnya di lingkungan UTU.

“FISIP menjadi titik awal kerjasama dengan BRIN ini, dan besar harapannya Fakultas-Fakultas yang lainnya dapat juga menjalin kerjasama serupa dengan BRIN” terang Kepala LPPM-PMP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, M.P. yang ikut diamini oleh seluruh hadirin yang berhadir.

Pihak BRIN menyambut ini dengan gembira dan berharap kerjasama ini bisa berlanjut dan meluas ke seluruh fakultas yang ada di Universitas Teuku Umar. “Senang rasanya bisa intens berkolabasi, semoga kedepan bisa kita tindak lanjuti” ungkap Dr. Suprapedi, M.Eng.Sc. yang ikut diamini oleh Ibu Kepala Pusat Riset Kebijakan Publik-BRIN.