MEULABOHUTU | Setelah mengikuti pelatihan 3 hari di Jakarta pada 6-8 Deeember 2023 lalu akhirnya 9 Dosen Universitas Teuku Umar lolos dan dinyatakan sebagai Reviewer Penelitian Nasional pada Senin (8/1/2024).

Adapun pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan serta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti bekerjasama dengan Reviewer Penelitian Nasional (RPN), Quantum HRM Internasional yang bersertifikasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), Serta Badan Standardisasi Nasional.

Pelatihan dan uji sertifikasi Metodologi Reviewer Penelitian Nasional sesuai SNI ISO / IEC 17024 : 2012 dan memperoleh sertifikat yang merupakan bentuk pengakuan sebagai reviewer  mendapatkan gelar non akademik (CIRR).

Kesembilan dosen tersebut adalah Dr. Uswatun Hasanah, S.Si., M.Si.,CIRR,  Dr. Munandar, S.Kel., CIRR, M.Sc., Dr. Muhammad Jalil, SP., MP., CIRR., Dr. Rahmat Pramulya, S.TP., MP., CIRR,  Dr. Vellayati Hajad, S.Sos., MA., CIRR, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si., CIRR, Dr. Aglis Andhita Hatmawan, SE., M.Si., CIRR, Dr. Sufwan Anwar, SKM., MARS., CIRR, dan Dr. Astiah Amir, ST., MT., CIRR.

Koordinator Pusat Pengembangan Sumber daya manusia (PPSDM) Universitas Teuku Umar, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si mengungkapkan harapannya dengan adanya para reviewer yang terampil dan berkualifikasi, diharapkan dapat meningkatkan validitas dan kredibilitas publikasi ilmiah Universitas Teuku Umar.

Diharapkan dengan tambahan dosen yang memiliki sertifikasi reviewer akan semakin memperkuat dan miningkatkan kualitas riset dosen Universitas Teuku Umar kedepannya.

Menurutnya, sertifikat yang diperoleh merupakan bentuk pengakuan sebagai reviewer penelitian nasional. Sertifikat tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu persyaratan bagi pihak yang berkepentingan baik dalam skala nasional, eksternal maupun dalam skala internal di lingkungan UTU.

Sementara Rektor Universitas Teuku Umar, Prof Dr Ishak Hasan, M.Si mengucapkan selamat dan berharap dengan pencapaian yang telah diraih oleh 9 dosen tersebut dapat menghantarkan dosen-dosen UTU lainnya untuk menjadi peneliti-peneliti yang unggul dan semoga dapat meningkatkan kinerja riset dan abdimas Universitas Teuku Umar dan siap mengabdi untuk kemajuan Riset Indonesia.