MEULABOHUTU | Dosen Universitas Teuku Umar menjadi peserta pelatihan sertifikasi reviewer Penelitian tingkat Nasional. Pelatihan bagi calon Reviewer Penelitian untuk Internal Perguruan Tinggi tersebut berlangsung di Jakarta, 6-8 Desember 2023.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan serta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti bekerjasama dengan Reviewer Penelitian Nasional (RPN), Quantum HRM Internasional yang bersertifikasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), Serta Badan Standardisasi Nasional.

Pelatihan diikuti calon reviewer internal dari perguruan tinggi negeri dan swasta. Dari UTU diikuti oleh 9 orang dosen bergelar Doktor, yaitu Dr. Uswatun Hasanah, M.Si, Dr. Munandar, S.Kel., M.Sc., Dr. Muhammad Jalil, SP., MP., Dr. Rahmat Pramulya, S.TP., MP, Dr. Vellayati Hajad, S.Sos., MA, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si., Dr. Aglis Andhita Hatmawan, SE., M.Si., Dr. Sufwan Anwar, SKM., MARS., dan Dr. Astiah Amir, ST., MT.

Adapun materi yang disampaikan antara lain; arah kebijakan kemenristekdikti dalam meningkatkan mutu pelatihan; penelusuran penelitian sebelumnya; penelusuran PATEN; standar penilaian hasil penelitian; analisis akuntansi proposal dan keluaran kegiatan penelitian; pertanggungjawaban anggaran untuk standar biaya keluaran (SBK) sub output penelitian; penilaian skema riset dasar; penilaian skema riset terapan; penilaian skema riset peningkatan kapasitas; penilaian skema riset PUPT.

Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas reviewer penelitian dalam melalakukan review. Selain itu dapat menghasilkan Reviewer yang Jujur, Akuntabel dan Profesional dalam mendukung tercapainya indikator pencapaian Riset dan Pengembangan yaitu publikasi, kekayaan intelektual, dan prototype teknologi.

Koordinator Pusat Pengembangan Sumber daya manusia (PPSDM) Universitas Teuku Umar, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si sebagai pemrakarsa kegiatan ini, mengungkapkan harapannya agar pelatihan ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas penelitian di Universitas Teuku Umar.

“Dengan adanya para reviewer yang terampil dan berkualifikasi, diharapkan dapat meningkatkan validitas dan kredibilitas publikasi ilmiah,” katanya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kualitas dan keahlian para reviewer dalam mengevaluasi karya ilmiah. Para peserta diharapkan dapat memperdalam pemahaman mereka tidak hanya tentang metodologi penelitian, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang etika, standar biaya, dan pertanggungjawaban penelitian.

Salah satu materi utama yang disampaikan adalah “Etika dan Kriteria Penugasan Reviewer Penelitian,” dimana para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang tanggung jawab etis seorang reviewer. Etika ini mencakup aspek-aspek seperti kebijakan anti-plagiarisme, prinsip kerahasiaan, dan kewajiban untuk memberikan umpan balik yang konstruktif.
Selain itu, para peserta juga diajak untuk memahami “Standar Biaya Keluaran (SBK) Sub Output Penelitian” dan “Standar Biaya Masukan (SBM).” Materi ini memberikan pandangan menyeluruh tentang bagaimana mengelola dan melaporkan anggaran penelitian dengan tepat, memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana penelitian.

Materi selanjutnya adalah “Pertanggungjawaban Penelitian,” yang memberikan panduan tentang cara menyusun laporan pertanggungjawaban penelitian yang komprehensif. Hal ini mencakup aspek pencatatan pengeluaran, pencapaian hasil, dan evaluasi dampak penelitian terhadap masyarakat. Para peserta juga diajarkan “Teknik Penilaian Proposal Penelitian,” yang melibatkan proses analisis mendalam terhadap kualitas suatu proposal penelitian. Penekanan diberikan pada kriteria evaluasi yang objektif dan jelas, guna memastikan pemilihan proyek penelitian yang memiliki potensi kontribusi maksimal.

Materi penutup melibatkan “Penelusuran Penelitian Sebelumnya,” di mana para peserta diberikan keterampilan untuk menyelidiki literatur penelitian sebelumnya. Pengetahuan ini penting untuk menghindari duplikasi penelitian dan memastikan bahwa setiap proyek penelitian baru memiliki kontribusi yang unik dan signifikan.

Kegiatan pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang metodologi penelitian, tetapi juga memberikan wawasan yang mendalam dalam proses penilaian kualitas penelitian. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat memahami dan mengimplementasikan standar penulisan ilmiah yang baik.
Puncak acara akan diakhiri dengan ujian sertifikasi pada tanggal 18 Desember 2023.

Ujian ini akan menguji pemahaman dan keterampilan peserta dalam mereview dan menilai kualitas penelitian. Para peserta yang berhasil lulus ujian akan mendapatkan sertifikasi sebagai metodologi reviewer penelitian yang diakui secara nasional. (Humas UTU).