MEULABOHUTU | Sebanyak enam anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) 112/Johan Pahlawan Universitas Teuku Umar sukses mengikuti Pendidikan Dasar Militer dan Kursus Kader Pelaksana Nasional Komando Resimen Mahasiswa Darussalam yang dilaksanakan mulai 18 – 29 Januari 2024 di pantai tebing, Lampuuk, Aceh Besar.

Tujuan diselenggarakannya Diksarmil adalah untuk membentuk sikap dan karakter Dasar Keprajuritan.
Tujuan diselenggarakannya Suskalaknas adalah untuk meningkatkan SDM unsur pelaksana guna meningkatkan akuntabillitas dan qualitas penyelenggaraan giat.

Pembina Satuan Resimen Mahasiswa Yon Menwa 112/JP  Universitas Teuku Umar Dr. Akmal Saputra, S.Sos.I., MA mengatakan, dalam Diklatsar dan Suskalak Menwa tahun 2024 diikuti oleh 42 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Aceh.

Kegiatan tersebut, dinilai akan sangat berguna bagi anggota Menwa UTU untuk meningkatkan keterampilan dalam bela negara maupun kedisiplinan.

“Kegiatan ini sangat berguna bagi anggota Resimen Mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam bela negara maupun kedisiplinan, serta dapat menjadi teladan dalam kehidupan akademik diperguruan tinggi, serta sebagai modal pribadi yang lebih baik dan berguna,” ujar Dr. Akmal Saputra didampingi Staf Pokja Prestasi dan Informasi Universitas Teuku Umar, Marhaban, SE saat menghadiri acara penutupan, Senin (29/2/24).

Ke-enam mantan siswa Yon Menwa 112/JP sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan di Depo Pendidikan Bela Negara, Rindam Iskandar Muda yang berlangsung selama 2 minggu dengan predikat Baik. Selama menjalani pendidikan, mereka juga menorehkan prestasi gemilang diantaranya adalah terpilih sebagai Ketua Senat Siswa, Lomba Bongkar Pasang Senjata dan Lomba Bela Diri Taktis.

“Peran aktif Resimen mahasiswa sebagai wadah keikut sertaaan mahasiswa dalam usaha bela negara sekaligus merupakan salah satu komponen kekuatan pertahanan dan keamanan negara yang diharuskan memiliki mental yang kuat sebagai salahsatu unsur rakyat terlatih,” Kata Dr. Akmal Saputra

Sementara itu, Komandan Resimen Induk Kodam Iskandar Muda, Kolonel INF Trijoko Adiwiyono, SH., M.Si selaku Inspektuk Upacara Penutupan Diksarmil dan Suskalaknas Skomen Mahadasa dalam amanatnya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para mantan siswa yang telah resmi menyandang baret dan brevet Suskalak.

Ia juga berpesan bahwa sebagai garda terdepan Bela Negara di Perguruan Tinggi masing-masing guna menangkal pengaruh paham komunisme, hendaknya terus meningkatkan pembinaan Kemenwaan dan juga menembangkan kemampuan olah Samapta, olah jiwa dan olah rasio.

“Dengan disematkannya brevet yang ada di dada adik-adik sekalian, tersemat pula tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menjaga kedaulatan NKRI, karena tugas bela negara bukan hanya diemban oleh TNI melainkan seluruh komponen bangsa” ujar Trijoko.

Upacara tupdik Diksarmil dan Suskalaknas dihadiri oleh Aslat Rindam IM, Dandim 0101/BNA, Danmen Mahadasa dan Para Pejabat Dodik Bela Negara. (Humas UTU).