MEULABOHUTU |  Tiga dosen Universitas Teuku Umar memenangkan Sayembara Pengembangan Buku Cerita Anak dari Bahasa Daerah ke Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh.

Ketiganya adalah Refanja Rahmatillah, M.App.Ling dari Prodi Agribisnis, Endah Anisa Rahmah, M.Pd dari Prodi Ilmu Kelautan, dan Rismawati, M.Pd dari Prodi Kesehatan Masyarakat. Refanja yang menulis cerita “Papan Penyelamat dari Tsunami” dan Endah yang menulis cerita “Dek Gam dan Bu Kulah” berhasil meraih juara kategori kelompok C dengan hadiah sebesar Rp. 8.000.000,; sedangkan Risma yang menulis cerita “Selpah Besaman” memenangkan sayembara kelompok A dengan hadiah sebesar Rp. 12.000.000,-.

Refanja menuturkan kepada UTU News bahwa setelah melewati rangkaian proses, akhirnya mereka berhasil terpilih bersama sejumlah pemenang lainnya dari perguruan tinggi dan instansi lainnya. “Sayembara ini diumumkan Balai Bahasa Provinsi Aceh pada bulan Februari 2023. Peserta diminta untuk menyusun naskah cerita anak dengan kearifan lokal. Pengumuman pemenang sudah disampaikan pada 16 Mei lalu, namun naskah pemenang harus disunting kembali,” tuturnya.

Murhaban, S.Ag., M.A., Ketua KKLP Penerjemahan Balai Bahasa Provinsi Aceh, selaku ketua panitia sayembara menyampaikan bahwa sayembara ini bertujuan untuk menjaga bahasa daerah serta meningkatkan literasi anak mengenai adat dan budaya yang ada di Provinsi Aceh. Cerita-cerita yang dikirim peserta berasal dari berbagai bahasa daerah, seperti Aceh, Gayo, dan Minang Jame.

Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan apresiasi kepada ketiga dosen yang berhasil meraih juara di sayembara tingkat regional. “Selamat kepada Pak Refanja, Bu Endah dan Bu Risma. Semoga karyanya bermanfaat bagi masyarakat, teristimewa untuk kampus UTU tercinta,”pungkasnya.

Sayembara Pengembangan Buku Cerita Anak dari Bahasa Daerah ke Bahasa Indonesia Tahun 2023 diadakan oleh Balai Bahasa Aceh. Ada 24 naskah yang terpilih dalam sayembara ini, di mana 5 di antaranya diraih dari peserta yang berasal dari Aceh Barat. Penyerahan hadiah dilaksanakan di Universitas Teuku Umar, pada Rabu, 21 Juni 2023. (Humas UTU).