MEULABOH – UTU | Sebanyak 47 calon asesor kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Teuku Umar berhasil menyelesaikan Pelatihan Asesor Kompetensi yang berlangsung sukses dari tanggal 21 hingga 25 Oktober 2024. Pelatihan ini melibatkan empat Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai narasumber dan penguji yaitu Darmansyah, S.T., MT, Diana Fitri, S.T., M.SI, Ir. Wachjono, M.SI dan Adri Fato, ST., MT.

Dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, pelatihan ini memberikan peserta pemahaman mendalam tentang metodologi asesmen, teknik evaluasi, pengumpulan bukti, dan standar kompetensi yang berlaku. Diharapkan, keterampilan yang diperoleh dapat membekali mereka dalam menjalankan peran sebagai asesor yang kompeten dan profesional, mendukung program sertifikasi di Universitas Teuku Umar.

Keberhasilan pelatihan ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa dan lulusan. Dengan asesor yang terlatih, Universitas Teuku Umar dapat memastikan bahwa proses sertifikasi memenuhi standar nasional dan internasional yang ditetapkan BNSP.

Dalam sambutannya, Direktur LSP Universitas Teuku Umar, Dr. Uswatun Hasanah, menyampaikan apresiasi kepada peserta dan Master Asesor BNSP. “Pelatihan ini merupakan tonggak penting dalam mempersiapkan asesor kompetensi yang profesional. Kami berharap mereka dapat berkontribusi pada kualitas sertifikasi di universitas kami,” ujar Dr. Uswatun.

Salah satu Master Asesor BNSP, Ir. Wachjono, M.Si juga mengungkapkan apresiasi terhadap semangat peserta. “Kami yakin mereka akan menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional,” katanya.

Dengan keberhasilan pelatihan ini, Universitas Teuku Umar semakin optimis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang Agro and Marine. LSP Universitas Teuku Umar berkomitmen untuk mengembangkan program pelatihan yang mendukung pengembangan kompetensi asesor dan peserta sertifikasi.

Keberhasilan ini diharapkan dapat mempersiapkan lulusan Universitas Teuku Umar untuk menghadapi tantangan di dunia industri, dengan sertifikasi yang diakui secara nasional dan internasional. Universitas Teuku Umar akan terus berupaya memastikan seluruh proses sertifikasi berjalan dengan standar tinggi, demi mencetak lulusan yang kompeten dan profesional. (Humas UTU).