MEULABOH – UTU | Bank Indonesia Kantor Perwakilan Aceh dan Universitas Teuku Umar melakukan tanda tangan kerjasama tentang asesmen dampak rumpon ijuk dan rantai pasok perikanan di Kab/Kota IHK dan sekitarnya di Banda Aceh, Kamis (26/09/2024).

Perjanjian kerjasama ini merupakan wujud nyata Bank Indonesia, bersama Universitas Teuku Umar, IPB University, Universitas Malikussaleh dan Pemkab Aceh Barat dalam menangani inflasi non-inti dari komoditas perikanan seperti komoditas ikan Kembung, Tongkol, Dencis dan Tuna.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan harapannya, dengan perjanjian kerjasama ini diharapkan kolaborasi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Aceh dengan akademisi antar universitas di Indonesia ini dapat menerapkan teknologi tepat guna hasil riset dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan pemerintah.

Ketua program, Hafinuddin, M. Sc menyampaikan perjanjian kerjasama ini merupakan acuan beberapa aktivitas penanganan inflasi non-inti di Kabupaten Aceh Barat, meliputi 1) Implementasi teknologi rumpon ijuk bagi nelayan tradisional, 2) Pengelolaan rumpon secara komunal berbasis lembaga adat, 3) Asesmen dampak implementasi rumpon ijuk terhadap ekonomi nelayan di Kabupaten Aceh Barat dan 4) Asesmen rantai pasok perikanan di Kab/Kota IHK Provinsi Aceh dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Aceh, Rony Widijarto Purubaskoro kegaitan kerjasama ini dapat menjaga inflasi di Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Barat yang merupakan salah satu kota IHK di Aceh serta dilakukan dengan pendekatan green economy.

Kegiatan perjanjian kerjasama ini dihadiri oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Rektor Universitas Teuku Umar, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswa dan Kerjasama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Muhammad Rizal, M.Si, Sekretaris LPPM-PMP Universitas Teuku Umar, Heri Darsan, ST., MT, Ketua Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar, Ikhsanul Khairi, M.Si. (Humas UTU).