Program Studi Teknologi Informasi

Salam Ketua Program Studi

Program Studi Teknologi Informasi merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT UTU), didirikan pada tanggal 10 Januari 2020 melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 48/M/2020. Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar mulai menerima mahasiswa pada semester Ganjil pada tahun ajaran 2020/2021 dan belum memiliki lulusan. Karena PS ini masih tergolong baru, sejauh ini, Prodi Teknologi Informasi sudah memiliki mahasiswa angkatan 2020 , 2021 dan 2022 yang berjumlah 350 orang dan 15 orang dosen tetap Program Studi. Program Studi Teknologi Informasi memiliki 3 bidang peminatan yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi dan Jaringan Komputer. Berdasarkan SK akreditasi dari LAM INFOKOM Nomor : 005/SK/LAM-INFOKOM/Ak-P/S/XII/2022 saat ini Program Studi S1 Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar telah terakreditasi Baik. Sejumlah profesi/bidang pekerjaan/bidang keilmuan dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan dari Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar secara umum antara lain: 1) Software Engineer / Web Developer. 2) System Analyst. 3) IT Project Manager. 4) IT Konsultan. 5) Mobile Apps Developer. 6) Teknisi Jaringan / Network Engineer. 7) Data Engineer. 8) Front End Developer. 9) UI/UX Designer. 10) Database Spesialist. 11) Guru IT. 12) Dosen. Dengan hadirnya Program Studi Teknologi Informasi diharapkan dapat meningkatkan jumlah lulusan bidang teknologi informasi yang berkualitas di Aceh agar dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat dalam bidang teknologi Informasi. Akhir Kata, Semoga dengan informasi ini para mahasiswa, calon mahasiswa dan masyarakat luas dapat mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang program studi S1 Teknologi Informasi. Selamat bergabung dengan kami.

Wassalam.

Suryadi, S.T., M.Cs

Ketua Program Studi

Layanan & Panduan

Layanan dan panduan akademik bagi Civitas Akademika

Layanan Pintoe

Kerja Praktek

MBKM

Skripsi

SOP Laboratorium

SOP Prodi

Profil Prodi

Program Studi Teknologi Informasi adalah sebuah program studi yang terbentuk untuk menjawab pesatnya perkembangan teknologi terutama di bidang teknologi informasi di Indonesia dan di Aceh khususnya, serta menjadikan Program Studi Teknologi Informasi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dalam bidang teknologi informasi yang menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di sektor industri berbasis agro dan marine di peringkat Regional (2025), Nasional (2040) dan Internasional (2060), melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi. Oleh sebab itu terbentuklah Program Studi Teknologi Informasi sebagai program studi yang baru di bawah Fakultas Teknik-Universitas Teuku Umar.

Visi Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar. “Menjadikan Program Studi Teknologi Informasi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dalam bidang teknologi informasi yang menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan disektor industry berbasis agro dan marine di peringkat Regional (2025), Nasional (2040) dan Internasional (2060), melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi”.

Misi Program Studi Teknologi Informasi merupakan penjabaran penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam upaya mewujudkan visi Program Studi Teknologi Informasi yang diturunkan dari visi Universitas Teuku Umar. Misi Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar adalah saling berkesinambungan serta berdasarkan nilai-nilai moral, etika, dan standar akademik yang tinggi melaksanakan:

1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, softskill serta etika professional yang menonjol.

2. Menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan ilmu bagi masyarakat regional, nasional dan internasional dengan berupaya menggali potensi lokal.

3.Menerapkan bidang ilmu teknologi informasi untuk mendukung pembangunan nasional dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan mutu akademik, kompetensi lulusan dan penguatan sumber daya khususnya di bidang agro dan marine industry.

Informasi Akademik

Informasi terkait kurikulum, peminatan serta profil lulusan program studi

Bidang Peminatan Sistem Informasi

Ketua Peminatan :

Muhammad Ardiansyah, S.T., M.M.S.I (NIDN. 0018089303)

Dosen :

  • Suryadi, S.T., M.Cs (NIDN. 0013068805)
  • Ilham Juliwardi, S.Pd., M.Pd.T (NIDN. 0028079501)
  • Andriani Putri, S.Kom., M.Sc (NIDN. 0021099203)

Bidang Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak

Ketua Peminatan :

Sanusi, S.Pd., M.Kom (NIDN. 1307088801)

Dosen :

  • Mirna Ria Andini, S.T., M.Sc. (NIDN. 0031018806)
  • Hayatun Maghfirah, SST., M.T (NIDN. 0027049007)
  • Cut Mutia, SST., M.T. (NIDN. 1312078801)
  • Nica Astrianda, SST., M.Sc (NIDN. 0009108907)
  • Rivansyah Suhendra, S.Kom., M.T. (NIDN. 0006099502)
  • Abdurrahman Ridho, S.Kom., M.Kom (NIDN. 0020019402)

Bidang Peminatan Jaringan

Ketua Peminatan :

Dr.Isyatur Raziah, S.T., M.T (NIDN. 0004049502)

Dosen :

  • Murhaban, S.T., M.Cs (NIDN. 0031058103)

Semester 1

Pancasila
Bahasa Indonesia
Aplikasi Komputer
Kalkulus Dasar
Algoritma dan Pemograman I
Praktikum Algoritma dan Pemograman I
Pengantar Teknologi Informasi
Aplikasi Sosial Media

Semester 2

Kewarganegaraan
Agama
Bahasa Inggris
Matematika Diskrit
Dasar Pengembangan Sistem Informasi
Dasar Dasar Arsitektur Komputer
Algoritma dan Pemograman II
Praktikum Algoritma dan Pemograman II
Jaringan Komputer
Praktikum Jaringan Komputer

Semester 3

Kewirausahaan
Komputer Grafis
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Struktur Data
Praktikum Struktur Data
Manajemen Teknologi Informasi
Jaringan Komputer II
Praktikum Jaringan Komputer II
Basis Data
Praktikum Basis Data
Etika Profesi

Semester 4

Kepemimpinan Teuku Umar
Statistika dan Probabilitas
Pemrograman Berorienasi Obyek
Praktikum Pemrograman Berorienasi Obyek
Interaksi Manusia Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak
Basis Data II
Praktikum Basis Data II
Teknologi Multimedia
Sistem Operasi

Semester 5

Administrasi Basis Data
Praktikum Administrasi Basis Data
Tata Kelola TI
Technopreneurship
Manajemen Proyek TI
Keamanan Jaringan dan Data
Metodologi Penelitian
Data Mining
Kecerdasan Buatan

Semester 6

MK Pilihan Minat 1
MK Pilihan Minat 2
MK Pilihan Minat 3
MK Pilihan Minat 4
MK Pilihan Minat 5

Semester 7

MK Pilihan Minat 6
MK Pilihan Minat 7
MK Pilihan Minat 8

Semester 8

KP
KKN
Skripsi

Mata Kuliah Peminatan Sistem Informasi

Semester VI :

Augmented Reality
UI / UX Desain
E-Commerce
Sistem Informasi Geografis
Text Mining

Semester VII :

Aplikasi Berbasis Web
Analisis Jejaring Sosial
Komputasi Awan

Mata Kuliah Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak

Semester VI :

Pengolahan Citra Digital
Remote Sensing/Penginderaan jarak jauh
Pengujian Perangkat Lunak
Sistem Pakar
Sistem Berbasis Enterprise

Semester VII :

Pemograman Mobile
Sistem Berbasis IOT
Sistem Pendukung Keputusan

Mata Kuliah Peminatan Jaringan

Semester VI :

Sistem Embedded
Pemrograman Jaringan
Jaringan Sensor
Jaringan Nirkabel
Teknologi Antar Jaringan

Semester VII :

Sistem terdistribusi
Jaringan Multimedia
IT Audit

Prospek Lulusan Program Studi

Peneliti dan Akademisi

Lulusan diharapkan mengembangkan pengetahuan, hingga menghasilkan riset yang dapat dijadikan rujukan bagi pengambil keputusan.

Database Administrator

Lulusan dapat diharapkan mampu membuat desain database dan dapat mengimplementasikannya serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi, upgrade, adaptasi, monitoring dan maintenance, database dalam suatu organisasi.

Analyst System

Lulusan diharapkan mempunyai keahlian dalam Rekayasa Perangkat Lunak yang meliputi proses merancang, melaksanakan, dan mengembangkan proyek sehingga kualitas lebih tinggi dan maintainable.

Network Engineer

Lulusan diharapkan mampu membuat disain, mengimplementasikan, dan melakukan konfigurasi jaringan komputer serta menganalisis keamanannya dari ancaman dan serangan, serta mampu mengelola basis data mulai dari perencanaan, monitoring, peningkatan kinerja, dan menguji tingkat keamanan basis data. Dan mampu menggali dan menemukan pola yang ada dalam sebuah basis data sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bagi organisasi.

Technopreneur

Lulusan mampu merancang, membangun, manajemen organisasi, menghasilkan inovasi bidang kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi.

Capaian Pembelajaran

CPL 1.

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menunjukkan sikap religius, Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika dan Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

CPL 2.

Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain, taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dan dapat menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, serta dapat menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

CPL 3.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL 4.

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

CPL 5.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, beserta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

CPL 6.

Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menerapkan teknologi informasi dan metodologinya untuk membantu individu atau organisasi dalam mencapai tujuannya.

CPL 7.

Mampu menganalisis, merancang, mengimplementasikan, sistem basis data, data analisis, data mining, text mining, web mining, kecerdasan buatan, serta keamanan data dan jaringan.

CPL 8.

Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan masalah rekayasa pada sistem berbasis perangkat lunak melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.

CPL 9.

Mampu merancang dan menerapkan teori beserta metode yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

CPL 10.

Mampu menerapkan dan menganalisis metode yang berhubungan dengan konsep UI (User Interface) dan UX (User Experience) pada aplikasi web dan mobile.

CPL 11.

Menguasai pengetahuan bidang Teknologi informasi yang meliputi konsep dan teori dasar bidang keilmuan Teknologi Informasi; teori dan penerapan pada bidang keahlian database dan data mining; teori dan penerapan pada bidang keahlian komputasi berbasis jaringan; teori dan penerapan pada bidang rekayasa perangkat lunak, Sistem Informasi dan Jaringan Komputer.

CPL 12.

Mampu mengaplikasikan ilmu Teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah pada bidang rekayasa perangkat lunak, Sistem Informasi dan Jaringan Komputer.