Program Studi Teknologi Informasi
Salam Ketua Program Studi
Program Studi Teknologi Informasi di Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT UTU) didirikan pada 10 Januari 2020 melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 48/M/2020. Mulai menerima mahasiswa pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Program Studi ini memiliki tiga bidang peminatan: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, dan Jaringan Komputer. Berdasarkan SK akreditasi dari LAM INFOKOM Nomor: 005/SK/LAM-INFOKOM/Ak-P/S/XII/2022, program studi ini telah terakreditasi Baik. Lulusan Program Studi Teknologi Informasi memiliki beragam pilihan karier, seperti Software Engineer/Web Developer, System Analyst, IT Project Manager, IT Konsultan, hingga Guru IT. Tujuan program ini adalah meningkatkan jumlah lulusan berkualitas di bidang teknologi informasi di Aceh, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga informasi ini berguna bagi mahasiswa, calon mahasiswa, dan masyarakat umum.
Wassalam.
Abdurrahman Ridho, S.Kom., M.Kom
Ketua Program Studi
Layanan & Panduan
Layanan dan panduan akademik bagi Civitas Akademika
Layanan Pintoe
Kerja Praktek
MBKM
Tugas Akhir
SOP Laboratorium
SOP Prodi
Profil Prodi
Program Studi Teknologi Informasi adalah sebuah program studi yang terbentuk untuk menjawab pesatnya perkembangan teknologi terutama di bidang teknologi informasi di Indonesia dan di Aceh khususnya, serta menjadikan Program Studi Teknologi Informasi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dalam bidang teknologi informasi yang menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di sektor industri berbasis agro dan marine di peringkat Regional (2025), Nasional (2040) dan Internasional (2060), melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi. Oleh sebab itu terbentuklah Program Studi Teknologi Informasi sebagai program studi yang baru di bawah Fakultas Teknik-Universitas Teuku Umar.
Visi Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar. “Menjadikan Program Studi Teknologi Informasi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dalam bidang teknologi informasi yang menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan disektor industry berbasis agro dan marine di peringkat Regional (2025), Nasional (2040) dan Internasional (2060), melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi”.
Misi Program Studi Teknologi Informasi merupakan penjabaran penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam upaya mewujudkan visi Program Studi Teknologi Informasi yang diturunkan dari visi Universitas Teuku Umar. Misi Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar adalah saling berkesinambungan serta berdasarkan nilai-nilai moral, etika, dan standar akademik yang tinggi melaksanakan:
1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, softskill serta etika professional yang menonjol.
2. Menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan ilmu bagi masyarakat regional, nasional dan internasional dengan berupaya menggali potensi lokal.
3.Menerapkan bidang ilmu teknologi informasi untuk mendukung pembangunan nasional dan peningkatan taraf hidup masyarakat.
Membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan mutu akademik, kompetensi lulusan dan penguatan sumber daya khususnya di bidang agro dan marine industry.
Informasi Akademik
Informasi terkait kurikulum, peminatan serta profil lulusan program studi
Bidang Peminatan Sistem Informasi
Peminatan Sistem Informasi mencakup berbagai aspek penting dari teknologi dan aplikasi informasi yang modern. Mata kuliah dalam peminatan ini meliputi Augmented Reality, yang mempelajari integrasi elemen digital ke dunia nyata; UI/UX Desain, yang fokus pada prinsip dan praktik desain antarmuka dan pengalaman pengguna; E-Commerce, yang membahas transaksi dan bisnis online; Sistem Informasi Geografis, yang mengintegrasikan data spasial untuk analisis geografis; Text Mining, yang menganalisis data teks besar; Aplikasi Berbasis Web, yang mengembangkan aplikasi yang berjalan di web; Analisis Jejaring Sosial, yang mengevaluasi pola dan hubungan dalam jaringan sosial; serta Komputasi Awan, yang mendalami penggunaan teknologi cloud untuk penyimpanan dan pengolahan data. Peminatan ini memberikan fondasi kuat untuk memahami dan mengembangkan solusi teknologi informasi yang inovatif dan efektif.
Ketua Peminatan :
Muhammad Ardiansyah, S.T., M.M.S.I (NIDN. 0018089303)
Dosen :
- Suryadi, S.T., M.Cs (NIDN. 0013068805)
- Ilham Juliwardi, S.Pd., M.Pd.T (NIDN. 0028079501)
- Andriani Putri, S.Kom., M.Sc (NIDN. 0021099203)
Bidang Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak
Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak mencakup berbagai disiplin ilmu yang krusial untuk pengembangan, pengujian, dan implementasi perangkat lunak yang canggih. Mata kuliah dalam peminatan ini meliputi Pengolahan Citra Digital, yang mempelajari teknik untuk memproses dan menganalisis gambar digital; Remote Sensing/Penginderaan Jarak Jauh, yang fokus pada teknologi untuk memperoleh informasi dari jarak jauh; Pengujian Perangkat Lunak, yang mengajarkan metode untuk memastikan kualitas dan keandalan perangkat lunak; Sistem Pakar, yang membahas pengembangan sistem berbasis pengetahuan; Sistem Berbasis Enterprise, yang fokus pada perangkat lunak untuk kebutuhan bisnis skala besar; Pemrograman Mobile, yang mengajarkan pengembangan aplikasi untuk perangkat mobile; Sistem Berbasis IoT, yang mengeksplorasi integrasi perangkat yang terhubung dalam Internet of Things; serta Sistem Pendukung Keputusan, yang mempelajari alat dan teknik untuk membantu proses pengambilan keputusan. Peminatan ini memberikan keahlian yang diperlukan untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak berkualitas tinggi di berbagai domain.
Ketua Peminatan :
Sanusi, S.Pd., M.Kom (NIDN. 1307088801)
Dosen :
- Mirna Ria Andini, S.T., M.Sc. (NIDN. 0031018806)
- Hayatun Maghfirah, SST., M.T (NIDN. 0027049007)
- Cut Mutia, SST., M.T. (NIDN. 1312078801)
- Nica Astrianda, SST., M.Sc (NIDN. 0009108907)
- Rivansyah Suhendra, S.Kom., M.T. (NIDN. 0006099502)
- Abdurrahman Ridho, S.Kom., M.Kom (NIDN. 0020019402)
Bidang Peminatan Jaringan
Peminatan Jaringan Komputer mencakup berbagai topik yang penting untuk memahami dan mengelola infrastruktur jaringan modern. Mata kuliah dalam peminatan ini meliputi Sistem Embedded, yang fokus pada integrasi perangkat keras dan perangkat lunak dalam sistem tertanam; Pemrograman Jaringan, yang mengajarkan teknik pemrograman untuk komunikasi antar komputer; Jaringan Sensor, yang membahas pengumpulan dan pengolahan data dari jaringan sensor; Jaringan Nirkabel, yang mengeksplorasi teknologi jaringan tanpa kabel; Teknologi Antar Jaringan, yang mempelajari protokol dan teknologi untuk menghubungkan berbagai jenis jaringan; Sistem Terdistribusi, yang membahas pengelolaan dan koordinasi sistem terdistribusi; Jaringan Multimedia, yang mengajarkan pengiriman dan pengelolaan data multimedia melalui jaringan; serta IT Audit, yang mengevaluasi keandalan dan keamanan infrastruktur IT. Peminatan ini memberikan pemahaman mendalam tentang desain, implementasi, dan manajemen jaringan komputer yang kompleks dan luas.
Ketua Peminatan :
Dr.Isyatur Raziah, S.T., M.T (NIDN. 0004049502)
Dosen :
- Murhaban, S.T., M.Cs (NIDN. 0031058103)
Semester 1
Pancasila |
Bahasa Indonesia |
Aplikasi Komputer |
Kalkulus Dasar |
Algoritma dan Pemograman I |
Praktikum Algoritma dan Pemograman I |
Pengantar Teknologi Informasi |
Aplikasi Sosial Media |
Semester 2
Kewarganegaraan |
Agama |
Bahasa Inggris |
Matematika Diskrit |
Dasar Pengembangan Sistem Informasi |
Dasar Dasar Arsitektur Komputer |
Algoritma dan Pemograman II |
Praktikum Algoritma dan Pemograman II |
Jaringan Komputer |
Praktikum Jaringan Komputer |
Semester 3
Kewirausahaan |
Komputer Grafis |
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi |
Struktur Data |
Praktikum Struktur Data |
Manajemen Teknologi Informasi |
Jaringan Komputer II |
Praktikum Jaringan Komputer II |
Basis Data |
Praktikum Basis Data |
Etika Profesi |
Semester 4
Kepemimpinan Teuku Umar |
Statistika dan Probabilitas |
Pemrograman Berorienasi Obyek |
Praktikum Pemrograman Berorienasi Obyek |
Interaksi Manusia Komputer |
Rekayasa Perangkat Lunak |
Basis Data II |
Praktikum Basis Data II |
Teknologi Multimedia |
Sistem Operasi |
Semester 5
Administrasi Basis Data |
Praktikum Administrasi Basis Data |
Tata Kelola TI |
Technopreneurship |
Manajemen Proyek TI |
Keamanan Jaringan dan Data |
Metodologi Penelitian |
Data Mining |
Kecerdasan Buatan |
Semester 6
MK Pilihan Minat 1 |
MK Pilihan Minat 2 |
MK Pilihan Minat 3 |
MK Pilihan Minat 4 |
MK Pilihan Minat 5 |
Semester 7
MK Pilihan Minat 6 |
MK Pilihan Minat 7 |
MK Pilihan Minat 8 |
Semester 8
KP |
KKN |
Skripsi |
Mata Kuliah Peminatan Sistem Informasi
Semester VI :
Augmented Reality |
UI / UX Desain |
E-Commerce |
Sistem Informasi Geografis |
Text Mining |
Semester VII :
Aplikasi Berbasis Web |
Analisis Jejaring Sosial |
Komputasi Awan |
Mata Kuliah Peminatan Rekayasa Perangkat Lunak
Semester VI :
Pengolahan Citra Digital |
Remote Sensing/Penginderaan jarak jauh |
Pengujian Perangkat Lunak |
Sistem Pakar |
Sistem Berbasis Enterprise |
Semester VII :
Pemograman Mobile |
Sistem Berbasis IOT |
Sistem Pendukung Keputusan |
Mata Kuliah Peminatan Jaringan
Semester VI :
Sistem Embedded |
Pemrograman Jaringan |
Jaringan Sensor |
Jaringan Nirkabel |
Teknologi Antar Jaringan |
Semester VII :
Sistem terdistribusi |
Jaringan Multimedia |
IT Audit |
Prospek Lulusan Program Studi
Peneliti dan Akademisi
Lulusan diharapkan mengembangkan pengetahuan, hingga menghasilkan riset yang dapat dijadikan rujukan bagi pengambil keputusan.
Database Administrator
Lulusan dapat diharapkan mampu membuat desain database dan dapat mengimplementasikannya serta mampu melakukan instalasi, konfigurasi, upgrade, adaptasi, monitoring dan maintenance, database dalam suatu organisasi.
Analyst System
Lulusan diharapkan mempunyai keahlian dalam Rekayasa Perangkat Lunak yang meliputi proses merancang, melaksanakan, dan mengembangkan proyek sehingga kualitas lebih tinggi dan maintainable.
Network Engineer
Lulusan diharapkan mampu membuat disain, mengimplementasikan, dan melakukan konfigurasi jaringan komputer serta menganalisis keamanannya dari ancaman dan serangan, serta mampu mengelola basis data mulai dari perencanaan, monitoring, peningkatan kinerja, dan menguji tingkat keamanan basis data. Dan mampu menggali dan menemukan pola yang ada dalam sebuah basis data sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bagi organisasi.
Technopreneur
Lulusan mampu merancang, membangun, manajemen organisasi, menghasilkan inovasi bidang kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi.
Capaian Pembelajaran
CPL 1.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menunjukkan sikap religius, Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika dan Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
CPL 2.
Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain, taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dan dapat menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, serta dapat menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
CPL 3.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
CPL 4.
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
CPL 5.
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, beserta mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
CPL 6.
Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menerapkan teknologi informasi dan metodologinya untuk membantu individu atau organisasi dalam mencapai tujuannya.
CPL 7.
Mampu menganalisis, merancang, mengimplementasikan, sistem basis data, data analisis, data mining, text mining, web mining, kecerdasan buatan, serta keamanan data dan jaringan.
CPL 8.
Mampu mengidentifikasi dan memformulasikan masalah rekayasa pada sistem berbasis perangkat lunak melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.
CPL 9.
Mampu merancang dan menerapkan teori beserta metode yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
CPL 10.
Mampu menerapkan dan menganalisis metode yang berhubungan dengan konsep UI (User Interface) dan UX (User Experience) pada aplikasi web dan mobile.
CPL 11.
Menguasai pengetahuan bidang Teknologi informasi yang meliputi konsep dan teori dasar bidang keilmuan Teknologi Informasi; teori dan penerapan pada bidang keahlian database dan data mining; teori dan penerapan pada bidang keahlian komputasi berbasis jaringan; teori dan penerapan pada bidang rekayasa perangkat lunak, Sistem Informasi dan Jaringan Komputer.
CPL 12.
Mampu mengaplikasikan ilmu Teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah pada bidang rekayasa perangkat lunak, Sistem Informasi dan Jaringan Komputer.