Program Studi Ilmu Komunikasi

Fiandy Mauliansyah, S.I.Kom., MA
Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi

Selamat datang di laman resmi Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Teuku Umar.

 

Jurusan Ilmu Komunikasi hadir sebagai bagian dari upaya mencetak generasi komunikator masa depan yang tidak hanya menguasai teori dan praktik komunikasi, tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan semangat inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Dengan visi menjadi jurusan yang mampu menghasilkan lulusan inovatif, adaptif, dan bertanggung jawab sosial berbasis agro dan marine industry pada tingkat ASEAN tahun 2045, kami terus berupaya mengembangkan kurikulum, kegiatan akademik, serta kolaborasi strategis yang relevan dan berdampak.

 

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar dipersiapkan untuk menjadi:

Profesional Komunikasi, seperti jurnalis, broadcaster, public speaker, dan praktisi humas;

Pemimpin Komunitas, sebagai fasilitator pembangunan, komunikator politik, dan penyuluh masyarakat;

Wirausaha Komunikasi, seperti content creator, fotografer, videografer, dan pengelola strategi konten digital.

 

Melalui website ini, kami membuka ruang informasi, kolaborasi, dan inspirasi bagi mahasiswa, dosen, alumni, mitra kerja, serta masyarakat luas yang ingin mengenal dan tumbuh bersama Jurusan Ilmu Komunikasi.

Terima kasih atas kunjungannya.

Universitas Teuku Umar

Hubungi Kami

Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo,Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681
+62 655-7110535

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Media Sosial

Selengkapnya

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

Visi

Menghasilkan lulusan Ilmu Komunikasi yang inovatif, adaptif, dan bertanggung jawab sosial berbasis agro and marine industry di tingkat ASEAN pada tahun 2045.

Misi

  1. Mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada kemutakhiran ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi.

  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mitra dan mahasiswa dalam pemecahan berbagai masalah di bidang komunikasi.

  3. Menjalin dan meningkatkan kemitraan dengan stakeholder dengan prinsip kolaboratif dan keberlanjutan di bidang komunikasi.

  4. Menumbuh kembangkan semangat wirausaha dalam bidang komunikasi.

Tujuan

  1. Terselenggaranya kegiatan pembelajaran yang inovatif, adaptif, dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi dalam bidang komunikasi.
  2. Terselenggaranya penelitian kolaboratif berbasis luaran dengan mengangkat isu-isu kontemporer dalam bidang komunikasi dan menjunjung etika akademik.
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif berbasis luaran yang mampu menjawab permasalahan sosial dalam bidang komunikasi
  4. Terwujudnya kerjasama kolegial dengan mitra di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk pengembangan kompetensi dan keterampilan di bidang komunikasi.
  5. Terwujudnya keterampilan wirausaha yang inovatif dan mandiri dalam bidang komunikasi melalui pemanfaatan sumber daya lokal.

Sasaran

  1. Melakukan review kurikulum secara berkala sesuai perkembangan teknologi dengan melibatkan stakeholder.
  2. Mengimplementasikan pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE).
  3. Menfasilitasi pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing unggul.
  4. Melakukan hilirasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional, buku ber-ISBN, HKI, policy brief, dan prototype.
  5. Mengintegrasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke dalam proses pembelajaran yang kontekstual.
  6. Melakukan kerja sama tridharma dengan kampus QS100 dan dunia industri.
  7. Mengembangkan keahlian dosen dan mahasiswa melalui sertifikasi kompetensi di bidang komunikasi.
  8. Membentuk inkubator bisnis komunikasi untuk membina keterampilan wirausaha mahasiswa.
  9. Melibatkan pelaku usaha dan praktisi komunikasi dalam pembelajaran di dalam dan luar kampus.

Profil Lulusan

  1. Profesional Komunikasi (Journalist, Corporate Communication, Community Engagment Officer, Public Speaker, Broadcaster).

  2. Pemimpin Komunitas (Fasilitator Pembangunan, Penyuluh Pembangunan Pedesaan, Negosiator, Komunikator Politik).

  3. Wirausaha Komunikasi (Content Creator, Digital Content Strategies, Photographer, Video Maker).

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Mampu menunjukkan sikap mandiri, bertanggung jawab, menjunjung tinggi etika komunikasi dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  2. Mampu menguasai teori, konsep, dan metodologi dalam ilmu komunikasi termasuk jurnalistik, media digital, manajemen komunikasi, serta komunikasi berbasis komunitas dengan pemahaman terhadap konteks agro and marine industry.

  3. Mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi strategi komunikasi berbasis riset dalam berbagai platform media, organisasi, komunitas, dan kewirausahaan komunikasi secara inovatif dan adaptif.

  4. Mampu memanfaatkan teknologi komunikasi, media digital, dan pendekatan multi platform untuk menciptakan konten yang berdampak mendidik dan memberdayakan masyarakat.

  5. Mampu berkomunikasi efektif lintas budaya, bekerja dalam tim memimpin inisiatif komunikasi berbasis masyarakat dan mengembangkan usaha berbasis komunikasi yang berdaya saing.

0

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi

0

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Media dan Jurnalistik

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Dasar-dasar Jurnalistik 2 Wajib
Praktik Jurnalistik 3 Wajib
Komunikasi Massa 3 Wajib
Hukum Media 2 Wajib
Manajemen Media 3 Wajib
Media Baru dan Media Sosial 2 Wajib
Media dan Budaya Populer 2 Tambahan

 

Manajemen Komunikasi

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Dasar-dasar Kehumasan 2 Wajib
Manajemen Komunikasi 3 Wajib
Public Speaking 3 Wajib
Audit Komunikasi 3 Wajib
CSR (Corporate Social Responsibility) 2 Tambahan
Komunikasi Pemerintahan 2 Tambahan
Opini Publik dan Pencitraan 2 Wajib
Protokoler 2 Tambahan
Cyber PR 2 Tambahan

 

Leadership

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Komunikasi Antarpribadi 2 Wajib
Manajemen Krisis dan Konflik 2 Wajib
Teknik Logi dan Negosiasi 3 Wajib
Komunikasi Kelompok dan Organisasi 3 Wajib
Psikologi Komunikasi 2 Wajib
Berpikir Krisis 2 Wajib
Komunikasi Persuasif 2 Tambahan
Komunikasi Internasional 2 Tambahan
Etika Komunikasi 2 Wajib

 

Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Komunikasi dan Perubahan Sosial 3 Wajib
Komunikasi Pembangunan Pendesaan dan Pesisir 3 Wajib
Komunikasi Pariwisata Pesisir 2 Wajib
Komunikasi Gender 2 Tambahan
Komunikasi Lingkungan 2 Wajib
Komunikasi Kebencanaan 2 Tambahan
Komunikasi Lintas Budaya 2 Wajib
Komunikasi Keluarga 2 Tambahan
Komunikasi Politik 3 Wajib

 

Produksi Media

 

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Event Organizer (EO) 3 Wajib
Sinematografi 3 Wajib
Fotografi 3 Wajib
Produksi Media Penyiaran 3 Wajib
Menulis Kreatif 2 Wajib
Komunikasi Bisnis 2 Tambahan

 

Teknologi Multimedia

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Teknologi Komunikasi dan Informasi 2 Wajib
Komunikasi Pemasaran 3 Wajib
Literasi Digital 2 Wajib
Desain Grafis 3 Wajib
Ekonomi Politik Media Massa 2 Wajib
Kewirausahaan 3 Wajib
Sosial Media Strategies 2 Tambahan

 

Bahan Kajian Negara

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Bahasa Indonesia 2 Wajib
Agama 2 Wajib
Pancasila 2 Wajib
Kewarganegaraan 2 Wajib

 

Bahan Kajian Asosiasi

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Pengantar Ilmu Komunikasi 3 Wajib
Public Speaking 2 Wajib
Metode Riset Komunikasi Kuantitatif 2 Wajib
Metode Riset Komunikasi Kualitatif 2 Wajib
Bahasa Inggris 3 Wajib
Teori Komunikasi 3 Wajib

 

Mata Kuliah Keahlian Dasar

Nama Mata Kuliah SKS Kategori Mata Kuliah
Kepimpinan Teuku Umar 2 Wajib
Pendidikan Anti Korupsi 2 Wajib
Filsafat Umum 2 Wajib
Pengantar Sosiologi 2 Wajib
Aplikasi Komputer 3 Wajib
Skripsi 4 Wajib
Magang 3 Wajib
KKN 3 Wajib

 

Laboratorium Komunikasi

Struktur Organisasi