MEULABOH – UTU | Kegiatan pengabdian kepada masyarakat terus digalakkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk mengamalkan dan membudayakan ilmu, pengetahuan, teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan UU No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi yang termaktup dalam pasal 47 dan 48.

Melalui Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanani oleh Kemendikbudristek tahun 2024, Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan program penerapan rumpon ijuk dan hilirisasi produk hasil perikanan di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh.

Kegiatan yang diketuai oleh Hafinuddin, S.Pi., M.Sc menjelaskan program ini telah dimulai dari Bulan Juli 2024 dan akan berlansung selama 5 bulan memiliki tujuan untuk peningkatan kapasitas nelayan kecil melalui pemanfaatan rumpon ijuk dan memiliki unit usaha pengolahan hasil perikanan untuk perempuan nelayan sehingga lahir diversifikasi produk perikanan.

Kegiatan ini dikelola bersama dengan Pemerintah Gampong Gle Jongdan Panglima Laot Lhok Kuala Daya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh dan melibatkan mahasiswa UTU dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan ini melibatkan akademisi handal dan ahli di bidang masing-masing seperti Ikhsanul Khairi, S.Pi., M.Si sebagai penanggung jawab pengolahan hasil perikanan, Dedy Darmansyah, SP., M.Si sebagai penanggung jawab business model untuk KUB Maju Daya dan Hafinuddin, S.Pi., M.Sc sebagai penanggung jawab pada implementasi teknologi penangkapan ikan yaitu rumpon ijuk.

Ketua KUB Maju Daya (Sajali) sebagai mitra kegiatan menyatakan program ini sangat membantu nelayan kecil. Sajali menjelaskan program ini dapat membantu nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian anggota kelompok dan hasil tangkapan yang pasti akan menyumbang kepastian bahan baku unit pengolahannya.

Kemudian program ini juga memberikan pelatihan kepada perempuan atau istri nelayan sehingga mampu menyokong ekonomi rumah tangga perikanan (RTP) dan jika ini dapat terimplementasi dengan baik akan berdampak peningkatan perekonomian anggota KUB Maju Daya.

Geuchik Gle Jong Aqsa Muliadi juga menambahkan, kami berharap ke depan dari Gampong Gle Jong lahir UMKM Pengolahan Hasil Perikanan yang produknya diterima di Aceh dan nasional Indonesia. (Humas UTU).