MEULABOHUTU | Sebanyak 456 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU) mengikuti Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gedung Pengembangan Karakter, Komplek kampus UTU, Alue Peunyareng, Kamis 14-15 Agustus 2024.

PKKMB yang berlangsung dua hari tersebut dikuti mahasiswa yang berasal dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara sebanyak 129 orang, Sosiologi 69 orang, Ilmu Komunikasi 119 orang, Ilmu Hukum 125 orang serta Bahasa dan Kebudayaan Inggris 6 orang. Kemudian ada penambahan 8 orang mahasiswa baru dari jalur penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua.

Kegiatan yang dihadiri seluruh sivitas akademika FISIP UTU tersebut bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan belajar dan atmosfir kampus, baik akademik maupun non akademik kepada mahasiswa baru.

Dekan FISIP Basri, S.H., M.H dalam sambutannya, menuturkan agar mahasiswa baru menghindari sifat-sifat yang tidak terpuji. Ia berharap mahasiswa memiliki sifat rendah hati dalam menjalani perkuliahan.

Lebih lanjut Basri mengharapkan agar mahasiswa FISIP  mampu mengukir prestasi yang mengharumkan nama keluarga, agama dan bangsa. “Apapun yang bernilai positif terus kembangkan selama  menjadi mahasiswa nantinya, sehingga kalian akan menjadi kreator masa depan yang lebih baik,” harap Basri.

Basri juga berharap seluruh mahasiswa baru FISIP dapat mengikuti aturan yang berlaku. Menurutnya hal tersebut merupakan cikal bakal mencetak generasi terbaik dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Wakil Dekan I FISIP Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si mengatakan kegiatan silaturahmi bagi mahasiswa baru merupakan ajang pembekalan bidang karakter dan kurikulum serta memberikan informasi tentang semua aktifitas yang terjadi selama menjadi mahasiswa.

“Kegiatan tersebut diisi dengan pembinaan karakter, penjelasan sistem  akademik, kurikulum prodi, serta motivasi dan kiat sukses dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” ungkap Afrizal.

Afrizal turut menjelaskan sebaran mata kuliah selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan menjelaskan program pembelajaran di luar kampus yang merupakan salah satu bagian dari program MBKM.

Seluruh rangkaian kegiatan PKKMB FISIP turut didukung oleh Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa dari organisasi mahasiswa lingkup FISIP UTU. (Aduwina Pakeh).