UTU Adakan Rapat Tinjauan Manajemen ISO 9001 : 2015
  • UTU News
  • 12. 10. 2021
  • 0
  • 367

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015 tahun 2021. RTM  berlangsung di ruang rapat pimpinan, Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) Kampus UTU, Jumat (01/10).

Rapat Tinjauan Manajemen atau lazim diistilahkan dengan “MANAGEMENT REVIEW MEETING”,. Tujuan pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dilaksanakan sebagai tindak dari Audit Mutu Internal (AMI), yaitu proses peninjauan ulang hasil implementasi SPMI secara periodik (satu tahun sekali) di hadapan Top Manajemen. Hasil dari implementasi berupa; 1) kinerja proses, 2) kesesuaian produk (sasaran mutu), 3) hasil Audit Mutu Internal, 4) penanganan keluhan pelanggan, 4) umpan balik stakeholder, 5) perubahan Sistem Manajemen Mutu (SPMI), 6) pengendalian tindakan perbaikan dan pencegahan, 7) saran-saran perbaikan, tindak lanjut serta rekomendasi.

Koordinator Pusat Audit dan Monev UTU, Dr. Arfriani Maifizar, M.Si kepada media ini menegaskan tujuan dari Rapat Tinjauan Manajemen ISO 9001:2015 Universitas Teuku Umar Tahun 2021 diantaranya adalah memastikan apakah temuan/ rencana tindakan koreksi pada siklus audit tahun sebelumnya telah ditindaklanjuti; dan mengukur tingkat kepatuhan dan capaian standar SPMI.

"Selain itu, memastikan kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu unit kerja terhadap dokumen standar mutu Institut, memastikan kelancaran pelaksanaan pengelolaan unit kerja; dan memastikan peluang peningkatan mutu unit kerja." Jelasnya

Sementara itu Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya mengatakan, RTM dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui LPPM-PM

"Semua mutu layanan harus dilakukan evaluasi dan dikontrol agar kualitas layanan pendidikan di UTU semakin baik. Selain itu, dengan adanya RTM juga sebagai evaluasi kelemahan yang terjadi selama pelayanan," ujarnya.

Prof Jasman optimistis, dengan dilakukan RTM setiap tahunnya, akan membawa UTU menjadi lebih baik dalam layanan pendidikan.

"Saya yakin, dengan dilakukan kegiatan ini, akan menjadi lebih baik. Asalkan setiap terjadi permasalahan ataupun hambatan, segera ditindak lanjuti dan menemukan solusi dan menghasilkan peningkatan kualitas segala aspek dilingkungan Universitas Teuku Umar," ucapnya.

Rapat ini juga dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan mendiskusikan beberapa hal yang harus dibenahi oleh masing-masing unit kerja di UTU sebelum Audit Eksternal dilakukan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).  

Komentar :

Lainnya :